Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 07 Jul 2018 - 13:00:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Brazil Keok dari Belgia, Ini Penyebabnya

38belgia.jpeg
Pemain Belgia melakukan selebrasi setelah mengalahkan Brazil 2-1 pada laga perempat final, Sabtu (7/7/2018) dini hari (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sang favorit juara dunia Brazil terpaksa pulang kandang lebih cepat setelah Belgia mengalahkan mereka 1-2 dalam perjalanan memperebutkan satu tempat ke semifinal, melawan Prancis nanti.

Gol bunuh diri Fernandinho dan gol menawan Kevin De Bruyne sudah cukup menghentikan impian negara Amerika Selatan itu, meskipun Renato Augusto menciptakan sebuah gol mempesona untuk Brazil.

Bagaimana bisa tim asuhan Roberto Martinez tampil lebih baik melawan Brasil? Ini empat alasannya, versi ESPN.

Perubahan Taktik
Martinez membuat kejutan dengan menurunkan sejak awal Marouane Fellaini dan Nacer Chadli. Dua gelandang ini pula yang mengubah irama permainan Belgia sewaktu menang melawan Jepang pada 16 Besar. Dengan menurunkan mereka sejak awal menggantikan dua gelandang berorientasi menyerang Yannick Carrasco dan Dries Mertens, Belgia jelas melakukan perubahan dalam pendekatan bermain.

Kompak
Martinez memuji timnya yang kompak menafsirkan taktiknya di lapangan. Kesatuan tim serta keinginan untuk bekerja bersama ini sudah diwanti-wanti sebelum laga melawan Brasil oleh kapten Vincent Kompany yang saat itu dia berkata Belgia harus kompak agar menang melawan talenta Brasil yang lebih individual.

Berbagi Gol, Tidak Individualis
Sembilan gol Belgia pada Piala Dunia 2018 sejauh ini diciptakan oleh pemain-pemain berbeda (kecuali gol bunuh diri). Hanya Italia pada 2006 dan Prancis pada 1982 (masing-masing 10 pemain) yang melampaui pencapaian mereka.
Romelu Lukaku adalah contoh sempurna mengenai pemain yang tidak individualis. Dia tak saja menciptakan gol, tetapi juga bekerja untuk tim, merancang gol, dan mengganggu bek sayap-bek sayap Brasil.

Kecemerlangan Individual
Perlu lebih dari sekadar kerja keras untuk menghentikan Brazil, tapi juga perlu pemain-pemain yang secara individual memang cemerlang. Belgia memiliki semua syarat itu. (plt/ant)

tag: #piala-dunia-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...