Mendagri Minta KPK Segera Proses Hukum Kepala Daerah Terpilih yang Terjerat Korupsi
Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 11 Jul 2018 - 00:48:02 WIB

Bagikan Berita ini :

96Tjahjo_Kumolo_1-640x355.jpg.jpg
Sumber foto : Ist
Mendagri Tjahjo Kumolo

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memproses hukum kepala daerah terpilih yang terjerat kasus korupsi.

"Kami sudah minta KPK kalau bisa dipercepat proses hukumnya, tentu bukan maksud pemerintah mengintervensi proses hukum," kata Tjahjo di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Namun, kata Tjahjo, proses hukum itu tergantung dari hasil persidangan sehingga menunggu keputusan hukum yang final.

"Kami sudah bertemu Pimpinan KPK dan mengatakan apakah hal itu memungkinkan atau tidak. Mereka katakan lihat hasil persidangan karena itu diluar kewenangan KPK," ujarnya.

Tjahjo menjelaskan, Kemendagri tidak ingin kejadian pelantikan kepala daerah terpilih dilaksanakan didalam Lembaga Pemasyarakatan (LP) karena dinilai tidak baik.

Namun, dia menegaskan bahwa Kemendagri tetap akan melantik kepala daerah terpilih yang terjerat kasus hukum selama kasusnya belum berkekuatan hukum tetap.

"Kami tidak mau seperti jaman dulu, kepala daerah dilantik di LP, itu tidak enak. Saat ini ada calon gubernur yang menang versi hasil hitung cepat namun ditahan KPK seperti di wilayah Maluku Utara," tandasnya. (Alf)

tag: #mendagri  #tjahjokumolo  #kpk  #pilkada-serentak-2018  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dua pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Kedua paslon itu adalah Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Maruf didukung oleh sembilan partai. Yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, PKB, PSI,Perindo, dan PKPI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung oleh empat partai. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Dua cawapres, yakni Maruf Amin dan Sandiaga Uno disebut-sebut turut menentukan kemenangan sang capres pada 2019 nanti. Tentu, baik Maruf maupun Sandiaga memiliki kelebihan masing-masing, yang akan diekplorasi habis-habisan guna menarik simpati pemilih.

Nah, jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih:

  • 1.Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2.Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
LIHAT HASIL POLING