Survei Median, Jokowi Paling Mampu Selesaikan Masalah Ekonomi
Oleh bara ilyasa pada hari Minggu, 15 Jul 2018 - 18:05:00 WIB

Bagikan Berita ini :

98jokowi6.jpg
Sumber foto : ist
Presiden Joko Widodo

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Survei Media Survei Nasional (Median) tentang kinerja pemerintahan Jokowi menyebutkan, ekonomi dan kesejahteraan masih dianggap masalah terbesar yang dihadapi publik sekarang.

"Jika ditotal, masalah ekonomi dan kesejahteraan mencapai 42,4 persen, dari 10 besar masalah utama yang ditanyakan kepada para responden," kata direktur eksekutif Median, Rico Marbun, di Jakarta, Minggu (15/7/2018).

Kondisi ekonomi yang kurang memuaskan itu, ternyata berkorelasi dengan harapan publik terhadap tokoh yang dianggap mampu mengatasinya. Dalam survei, menurut Rico, responden diminta untuk memilih siapa tokoh yang kiranya dianggap mampu menyelesaikan masalah ekonomi.

"Responden yang memilih Jokowi sebesar 20,6 persen, Prabowo 18,6 persen, Rizal Ramli 7,1 persen, Anies Baswedan 5,6 persen, Gatot Nurmantyo 5,0 persen, dan tomoh lain 3,2 persen," katanya.

Menurut Rico, nama mantan menteri koordinator bidang kemaritiman itu setidaknya selalu konsisten masuk ke dalam 5 besar sebagai tokoh yang dianggap mampu memperbaiki tantangan ekonomi lainnya seperti kesejahteraan masyarakat, lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan, dan menurunkan harga kebutuhan pokok.

"Ketika kami tanyakan, 'selain Jokowi dan Prabowo, berikut ini siapakah dari tokoh tokoh profesional, yang menurut anda mampu menyejahterakan rakyat?' responden yang memilih Jokowi mencapai 22,5 persen, Prabowo 17,6 persen, Rizal Ramli 8,4 persen, Anies Baswedan 5,6 persen, Gatot Nurmatyo 6,1 persen, dan tokoh lain 4,1 persen," katanya.

Survei ini digelar pada 3-14 Juni 2018, terhadap 1.200 responden pemilik hak suara, melalui teknik multistage random sampling dan margin of error sebesar 2,9 persen. Hasil survei menunjukkan dinamika politik yang terjadi selama masa pengambilan data.(plt)

tag: #jokowi  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca teropongsenayan.com yth.

Polemik Ratna Sarumpaet, dalam waktu sekejap, membuka mata-telinga dan mengejutkan banyak kalangan. Termasuk mata dan telinga para politisi.

Setelah polisi membuktikan kebohongan Ratna, dan yang bersangkutan juga mengaku berbohong, polemik pun semakin kencang. Di sisi lain, beberapa kalangan menengarai polemik kebohongan Ratna berimplikasi terhadap elektabilitas pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2019. Yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Anda, seperti apa dampak dari implikasi tersebut:

  • 1. Berpengaruh positif terhadap Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2. Berpengaruh positif terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
  • 3. Tidak berpengaruh terhadap masing-masing paslon
LIHAT HASIL POLING