Ini Daftar Aset yang Bakal Dijual Pertamina
Oleh Bara Ilyasa pada hari Jumat, 20 Jul 2018 - 03:22:46 WIB

Bagikan Berita ini :

65670_446_pertamina-benarkan-telah-minta-izin-ke-pemerintah-untuk-jual-aset_m_229004.jpg.jpg
Sumber foto : Ist
Kantor Pusat PT Pertamina

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Pertamina (Persero) siap menjual aset-asetnya kepada pihak swasta. Hal ini disebut sebagai bagian dari rencana bisnis guna meningkatkan kinerja portofolio bisnis perusahaan pelat merah itu ke depan.

Lalu apa saja aset Pertamina yang akan dijual 100%? 

Berikut daftarnya yang dikutip redaksi dalam surat edaran yang telah ditandatangani Menteri BUMN Rini Soemarno pada 29 Juni 2018.

Pertama, share-down aset-aset hulu selektif (termasuk namun tidak terbatas pada Participating Interest, saham kepemilikan dan bentuk lain) dengan tetap menjaga pengendalian Pertamina untuk aset-aset strategis dan mencari mitra kredibel dan diupayakan memperoleh nilai strategis lain, seperti akses ke aset hulu di negara lain.

Kedua, spin-off Unit Bisnis RU IV Cilacap dan Unit Bisnis RU V Balikpapan ke anak perusahaan dan potensi farm-in mitra di anak perusahaan tersebut yang sejalan dengan rencana Refinery Development Master Plan (RDMP).

Ketiga, investasi tambahan dalam rangka memperluas jaringan untuk menjual BBM Umum dengan harga keekonomian, seperti Pertashop.

Sementara itu, dalam surat tersebut juga disetujui peninjauan ulang kebijakan perusahaan yang dapat berdampak keuangan secara signifikan dengan tidak mengurangi esensi dari tujuan awal. (Alf)

tag: #pt-pertamina  #bumn  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca teropongsenayan.com yth.

Polemik Ratna Sarumpaet, dalam waktu sekejap, membuka mata-telinga dan mengejutkan banyak kalangan. Termasuk mata dan telinga para politisi.

Setelah polisi membuktikan kebohongan Ratna, dan yang bersangkutan juga mengaku berbohong, polemik pun semakin kencang. Di sisi lain, beberapa kalangan menengarai polemik kebohongan Ratna berimplikasi terhadap elektabilitas pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2019. Yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Anda, seperti apa dampak dari implikasi tersebut:

  • 1. Berpengaruh positif terhadap Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2. Berpengaruh positif terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
  • 3. Tidak berpengaruh terhadap masing-masing paslon
LIHAT HASIL POLING