Mitra & Bisnis

Besok, Kemendagri Gelar Acara Wayang Kulit Ki Tantut Sutanto

Oleh M Anwar pada hari Kamis, 02 Agu 2018 - 19:00:00 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

11Kemendagri-Acara-Wayang.jpg.jpg

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan menggelar pagelaran wayang kulit dengan lakon "Gatotkaca Winisuda" (Sumber foto : Humas Kemendagri)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) Ke-73, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan menggelar pagelaran wayang kulit dengan lakon "Gatotkaca Winisuda".

Pagelaran wayang kulit menghadirkan dalang kondang, Ki Tantut Sutanto. Acara semalam suntuk itu diselenggarakan di Halaman Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara No 7, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2018) mulai pukul 20.00 WIB.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam berbagai kesempatan sebelumnya mengatakan, pagelaran wayang kulit yang digelar kementeriannya merupakan bentuk apresiasi terhadap kesenian yang sudah jadi tradisi bangsa.

Kemendagri terus menjaga tradisi karena wayang kulit sarat makna dan pesan. Dari pentingnya seluruh komponen bangsa menjaga Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga pentingnya menghargai kemajemukan.

Tjahjo mengajak kawula muda untuk menjaga dan merawat tradisi bangsa. Melalui wayang pula, pihaknya bisa menyisipkan pesan kepada khalayak ramai, bagaimana membangun kebersamaan dan pentingnya menumbuhkan semangat bergotong-royong.

Sekretaris Ditjen Bina Pemdes, Mohammad Rizal, saat membuka kegiatan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 pada Senin 30 Juli 2018 lalu, mengajak masyarakat untuk hadir dan menyaksikan langsung lakon Gatotkaca Winisuda yang bercerita mengenai sosok pemimpin pengayom masyarakat.

Ia mengungkapkan, pada HUT Kemerdekaan RI Ke-73, Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan mengadakan berbagai kegiatan. Diantaranya lomba bola volley, futsal, tenis meja, bola basket, lomba menyanyi, paduan suara, tari kreasi, stand up comedy, lomba karya tulis lomba kebersihan lingkungan dan lomba keteladanan pegawai hingga lomba pidato.

Selain itu ada kegiatan jalan sehat, lomba tarik tambang, lomba kelereng, balap karung, joged balon. Kemendagri dan BNPP juga mengadakan donor darah, kunjungan ke panti sosial, posbindu, malam tasyakuran, tumpengan dan wayang kulit serta Upacara Bendera HUT RI Ke-73.

Kegiatan diselenggarakaan sejak tanggal 25 Juli 2018 hingga 24 Agustus 2018 mendatang. Khusus untuk lomba catur yang digelar di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Sumedang, 9 Agustus 2018, panitia mempersiapkan diri untuk memecahkan Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) dan Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID).

tag: #mendagri  

Bagikan Berita ini :