Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Senin, 13 Agu 2018 - 11:33:47 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Desak Ma'ruf Amin Mundur Sebagai Ketum MUI

8sodik-mudjahid.jpg.jpg
Sodik Mudjahid (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid mendesak Ma'ruf Amin mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menurut Sodik, Ma'ruf saat ini maju sebagai cawapres dapat dinilai membawa MUI tidak independen. Dalam aturan pasal 3 AD MUI dengan tegas mengatakan bahwa MUI adalah lembaga independen, sementara pasal 6 mengatakan bahwa MUI adalah penghubung ummat dengan umara dan penterjemah timbal balik kepentimgan ulama dan umara

“Dengan posisi sebagai Cawapres, dari suatu kelompok koalisi partai yg akan berlomba dalam perlombaan pilpres, maka sudah tidak lagi berada pada posisi independen, atau setidaknya sulit untuk bersikap independen dalam memimpin MUI,” ujar Sodik kepada TeropongSenayan, Senin (13/8/2018).

Menurutnya, MUI sangat penting bagi ummat untuk mencari solusi-solusi persoalan bangsa. Salah satunya, memberikam fatwa MUI terhadap dinamika Pilpres 2019 nanti.

“termasuk bisa jadi fatwa yang terkait dengan dinamika pilpres, seperti pernah terjadi lahirnya fatwa MUI dalam dinamika PILGUB DKI dulu,” kata politikus Partai Gerindra itu.

Selain itu, pengunduran diri sebagai ketua MUI, juga akan membebaskan KH Ma’ruf Amien, dari kesulitan dan tekanan psikologis pribadi, jika harus membuat fatwa fatwa yang berbeda atau independen dengan kebijakan pemerintah.

“Dengan kata lain, langkah pengunduran diri dari ketua MUI memberikan manfaat bagi MUI, umat, pemerintah, bangsa dan bagi pribadi KH Ma’ruf Amien sendiri,” pungkas Sodik.(yn)

tag: #maruf-amin  #pilpres-2019  #mui  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement