Berita
Oleh E. Sofyan pada hari Jumat, 17 Agu 2018 - 17:08:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Air Mata Rachmawati Tumpah saat Bacakan Pidato Kebangsaan 'Tahun Vivere Pericoloso'

43IMG_20180817_101910_HDR.jpg
Upacara memperingati HUT RI Ke-73, di UBK, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/8/2018). (Sumber foto : Enjang Sofyan/dok.TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PutriProklamator RI Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri tak kuasa menahan tangissaat membacakan pidato kebangsaan dalam rangka memperingati HUT Ke-73 Kemerdekaan RI, di Universitas Bung Karno, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/8/2018).

Rachmawati pada acara HUT tersebut membawakan pidato bertajuk 'Tahun Vivere Pericoloso' yang mempunyai arti'tahun kita menyerempet bahaya'.

Pada awalnnya, Rachmawati menyampaikan pidatonya sepertidalam peringatan-peringatan upacara peringatan Ultah RIbiasa.

Namun, air mata adik kandung Megawati Soekarnoputri itu mendadak tumpah tepat saat mengutip pesan kemerdekaan yang pernah disampaikan sang ayah tercinta, Bung Karno.

"Sebagaimana dikatakan Bung Karno bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah hasil perlawanan penjajahan dan kolonialisme," kata Rachmawati.

"Dan Bung Karno katakan proklamasi Indonesia merupakan jembatan emas menuju terwujudnya revolusi Indonesia dan masyarakat yang adil dan makmur," imbuhnya.

Menurutnya, hanya ada dua jalan untuk menjadikan rakyat Indonesia bahagia, pertama jalan sama rasa sama bahagia, yang kedua jalan sama ratap sama tangis.

Di detik-detik akhir pidatonya suara Rachmawati tardengar bergetar dan terisak-isak, tampak tetesan air mata mulai jatuh dari pelupuk mata putri Presiden pertama RI itu.

Sambil tersedu-sedu Rachmawati, pada akhirnya mampu menyelesaikan pidato kebangsaan nya tersebut.

"Izinkan saya kembali mengutip perkataan Bung Karno, Kita memang belum hidup di terangnya bukan purnama, kita masih hidup di pancaroba, bersemangat Garuda, karena revolusi belum selesai, semoga Allah SWT senantiasa meridhoi perjuangan kita semua," tukas Rachmawati. (Alf)

tag: #hut-ri  #rachmawati-soekarnoputri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...