Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 27 Agu 2018 - 15:03:23 WIB
Bagikan Berita ini :

KPK Duga Setya Novanto Ketahui Proyek PLTU Riau-1

7Laode2.jpg
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--KPK menduga mantan Ketua DPR, Setya Novanto, mengetahui proyek pembangunan PLTU Riau-1.

"Ya intinya seperti ini bahwa berdasarkan keterangan awal yang didapatkan penyidik bahwa Pak SN dianggap mengetahui," kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, di Gedung KPK, Jakarta, Senin (27/8/2018) .

KPK, Senin, memeriksa Novanto sebagai saksi untuk tersangka Johannes Budisutrisno Kotjo yang merupakan pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited.

"Mengetahui tentang proyek ini. Cerita secara umumnya begitu. Oleh karena itu, penyidik berkepentingan untuk meminta keterangan dari yang bersangkutan agar lebih menjadi jelas," ucap Syarif.

Selain Kotjo, KPK juga telah menetapkan Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar, Eni Saragih M, dan mantan Menteri Sosial dan Plt Ketua Umum Partai Golkar November-Desember 2017, Idrus Marham, sebagai tersangka. Yang terakhir ini telah mengundurkan diri di Kabinet Kerja dan struktur kepemimpinan Partai Golkar.

Menurut Syarif, berdasarkan gelar perkara oleh KPK terkait kasus itu diduga Novanto mengetahui proyek itu.

"Waktu itu tentunya karena dicurigai ada beberapa hal yang berhubungan dengan Pak SN dalam kapasitas apa saya belum tau detilnya tetapi berdasarkan gelar perkara yang saya ikuti Pak SN mengetahui proyek ini," ungkap Syarif.

Namun, ia menyatakan belum mengetahui apakan Novanto juga ikut andil untuk meloloskan proyek itu.

"Ya detilnya belum bisa saya sampaikan tetapi yang saya bisa konfirmasi bahwa beliau dianggap mengetahui proyek itu sehingga perlu dimintai keterangan," kata dia. (plt/ant)

tag: #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...