Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Jumat, 07 Sep 2018 - 16:59:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Pelemahan Rupiah, Ketua DPR Harap Masyarakat Tak Perlu Cemas

56Bamsoet2.jpg.jpg
Bambang Soesatyo (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta masyarakat agar tetap tenang dan percaya bahwa pemerintah sedang memikirkan solusi terbaik dalam menghadapi melemahnya nilai tukar Rupiah saat ini.

“DPR dan pemerintah bersama-sama dunia usaha termasuk Kadin di dalamnya sedang berusaha mencari solusi yang tepat. Inilah saatnya kita tunjukan kepedulian kita pada negara dan bergandengan tangan untuk mengatasi pelemahan rupiah,” ujarnya, Jumat (7/9/2018).

Diungkapkannya, DPR juga telah meminta Kementerian Keuangan sebagai otoritas fiskal dan Bank Indonesia (BI) sebagai otoritas moneter agar lebih kreatif melancarkan jurus-jurus yang tepat dalam menghadapi pelemahan Rupiah.

Diantaranya, melakukan akselerasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) semaksimal mungkin, karena saat ini APBN merupakan sumber penting dalam memutar ekonomi nasional.

Selain itu, lanjut Bamsoet, dengan memberikan kemudahan akses ke institusi keuangan, khususnya perbankan. Kebijakan kredit tanpa jaminan harus diperluas untuk sektor-sektor produktif usaha kecil menengah rakyat.

“Perlu juga dilakukan perluasan Bantuan Tunai Langsung (BTL). Tujuannya, untuk menyangga daya beli rakyat yang tergerus karena menurunnya penerimaan rumah tangga, sementara harga-harga kebutuhan pokok terus melonjak,” katanya.

Bamsoet juga mendorong percepatan proyek-proyek padat karya agar dapat menyerap tenaga kerja di daerah.

“Terakhir, memberikan insentif atau pengurangan pajak terhadap barang-barang dan produk tertentu agar Indonesia bisa menjadi surga belanja bagi turis-turis mancanegara,” tutupnya.(yn)

tag: #bamsoet  #dpr  #rupiah  #dolar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...