Berita

Ketua Komisi IX DPR Desak Pemerintah Segera Perbaiki Public Service Pasca Gempa Palu

Oleh E. Sofyan pada hari Senin, 01 Okt 2018 - 19:00:33 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

6pantai-talise_20180929_122854.jpg.jpg

Ilustrasi kondisi Palu pasca diterjang gempa dan tsunami Palu. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tiga hari pasca gempa disertai tsunami yang menerjang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, tampak kerusakan di berbagai sudut kota.

Diantaranya kerusakan terjadi pada jalan umum, jembatan ponulele, tempat ibadah, dan masih banyak fasilitas umum lainnya yang rusak total. 

Merespons hal tersebut, Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi mendesak pemerintah segera melakukan rekonstruksi fasilitas umum. 

"Saya ingat waktu kejadian gempa di Sumbar (Sumatera Barat), pada saat itu boleh dikatakan luluh lantah. Dan membutuhkan waktu cukup lama untuk mereka bergerak (bangkit) kembali, " ujar Dede, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).

"Dan yang harus dipikirkan pertama pemerintah adalah public service (pelayanan umum/fasilitas umum) yang harus berjalan kembali. Publik service itu listrik, telekomunikasi, makan, minum, dan tempat berteduh," tambah dia. 

Dia menyebut, secara perlahan pemerintah harus mendukung public service tersebut agar masyarakat Palu kondisinya berangsur membaik. 

"Dalam perjalanan tidak mungkin langsung ada kontraktor kembali hidup, pasti rumah makan dulu, warung serba ada,  kebutuhan-kebutuhan serba ada, nah ini yang harus disupport pemerintah," tegasnya. (Alf)

tag: #gempa-bumi  #tsunami  #komisi-ix  #dpr  

Bagikan Berita ini :