Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 10 Okt 2018 - 22:50:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Setara Institute Nilai Pemeriksaan Amien Rais Proses Hukum Biasa

75hendardi1.jpg.jpg
Hendardi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Setara Institute, Hendardi menilai, pemeriksaan terhadap Amien Rais sebagai saksi kasus kebohongan Ratna Sarumpaet merupakan proses hukum biasa yang dilakukan penyidik.

Karena itu, kata dia, upaya menggeser persoalan hukum menjadi persoalan politik tidak relevan.

“Dukungan PA 212 pada pemeriksaan itu telah memantik dan mendorong persoalan hukum berpotensi menjadi persoalan politik, yang dipicu politisasi Amien Rais dan pendukungnya,” kata Hendardi dalam siaran persnya, Rabu (10/10/2018).

Apalagi, ujar Hendardi, dengan menyebarkan berbagai ancaman. Seharusnya sebagai warga negara, sambungnya, mantan Ketua MPR RI itu menyikapi pemeriksaan tersebut sebagai proses hukum normal dalam kerangka penegakan hukum.

“Ancaman membongkar kasus-kasus di KPK, ancaman penggantian Kapolri M. Tito Karnavian dan provokasi kebencian berdasarkan etnis dan agama yang muncul dalam pernyataan-pernyataan Amien Rais dan pendukungnya merupakan manuver politik yang tidak memberikan keteladanan pada warga negara,” ujarnya,

Padahal, untuk mematuhi prosedur-prosedur hukum menurut Hendardi, ancaman-ancaman itu tidak relevan dengan kasus yang sedang dialami Ratna Sarumpaet dan justru menggeser persoalan hukum biasa menjadi persoalan politik.

Namun demikian menurut Hendardi, upaya Amien Rais membongkar kasus-kasus KPK dan mengkritisi kinerja Polri merupakan hak yang bersangkutan dan tidak bisa dipersoalkan.

“Publik mafhum bahwa dinamika menjelang Pemilu 2019 telah menyulut berbagai ketegangan yang justru dipicu oleh elit politik. Kontestasi politik hendaknya menjadi pesta riang gembira, karena di sanalah rakyat bisa menunaikan haknya untuk menentukan pilihan secara merdeka,” pungkasnya.(yn)

tag: #amien-rais  #ratna-sarumpaet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...