Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 29 Apr 2015 - 10:24:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengacara: Pembatalan Penahanan Abraham Samad Last Minute

21Tscom-abraham-indra-29415.jpg
Ketua KPK non aktif Abraham Samad (Sumber foto : Indra Kusuma/teropongsenayan.com)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kuasa Hukum Abraham Samad Johanes Gea membeberkan proses pemeriksaan hingga dibatalkannya penahanan kliennya di Polda Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar), Selasa malam (28/4/2015).

Johanes menjelaskan kliennya menjalani pemeriksaan selama 7 jam dengan 41 pertanyaan. Namun, saat diakhir waktu pemeriksaan penyidik Polda Sulselbar langsung menyodorkan surat perintah penahanan, Johanes mengaku sangat kaget atas kejadian tersebut.

Namun, pukul 00.48 Wita pihak kepolisian membatalkan penahanan Abraham Samad dengan alasan belum ada urgensi dengan ditahannya Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non aktif tersebut.

"Proses penahanannya itu tidak terencana, last minute baru dinyatakan penahanan, lalu pihak kepolisian membatalkan penahanan dengan alasan belum ada urgensi itu yang dibilang pihak kepolisian ke kami kalau secara detail tidak dijelaskan," ujar Johanes saat dihubungi TeropongSenayan, Rabu (29/4/2015).

Johanes belum bisa memastikan penyebab pembatalan penahanan Abraham Samad, termasuk ada dugaan atas permintaan penangguhan penahanan dari lima pimpinan KPK.

"Kalau soal itu, saya tidak bisa menjawab secara pasti apakah pimpinan KPK dengan pimpinan Polri melakukan koordinasi terkait pembebasan klien saya, yang pasti klien saya dalam pemeriksaan selalu kooperatif," ungkapnya.

Seperti diketahui Polda Sulselbar menetapkan Abraham Samad sebagai tersangka dalam perkara tindak pidana pemalsuan surat atau tindak pidana administrasi kependudukan. Penetepan tersebut berdasarkan laporan dari Feriyani Lim, warga Pontianak, Kalimantan Barat, yang menjadi tersangka pemalsuan dokumen saat mengajukan permohonan paspor pada tahun 2007.

Terkait kasus itu, Abraham Samad disangka melanggar Pasal 264 ayat 1 sub-pasal 266 ayat 1 KUHP dan pasal 93 UU nomor 23 tahub 2006 ancaman hukumannya 8 tahun penjara. (al)

tag: #penahanan Abraham Samad  #KPK  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement