Berita
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 16 Okt 2018 - 13:36:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi V DPR Dorong Pemerintah Serius Tangani Persoalan Banjir Singkil

98dpr.jpg
Gedung DPR (Sumber foto : Istimewa)

SINGKIL (TEROPONGSENAYAN)--Komisi V DPR RI menyoroti persoalan banjir di Kabupaten Singkil, Provinsi Aceh, yang hingga kini belum mendapatkan penanganan serius dari pemerintah pusat. Anggota Komisi V DPR RI Irmawan dalam Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Singkil berharap, pemerintah pusat serius menyelesaikan persoalan banjir di Singkil, sehingga tidak terjadi tiap tahunnya.

“Kita datang langsung ke sini untuk melihat kondisi di lapangan seperti apa infrastruktur yang ada di Kabupaten Singkil. Ternyata ada banyak persoalan yang harus segera diselesaikan. Salah satunya adalah penanggulangan banjir yang sampai saat ini belum mendapatkan perhatian serius," ungkap Irmawan di sela-sela peninjauan sejumlah infrastruktur di Kabupaten Singkil, Aceh, Kamis (11/10/2018).

Lebih lanjut, legislator PKB itu menyampaikan bahwa persoalan banjir di Singkil sudah terjadi dari tahun ke tahun, dan setiap kali banjir selalu memakan korban. Oleh karena itu, ia berharap pemerintah pusat serius menyelesaikan persoalan banjir di Singkil ini, sehingga banjir di Singkil tidak akan terulang lagi di masa mendatang.

Irmawan berjanji akan mendorong kementerian terkait untuk segera menangani persoalan banjir di Singkil ini. Karena persoalan banjir jika terus terjadi tiap tahunnya, bisa mengganggu perekonomian masyarakat setempat. “Kita akan dorong kementerian terkait untuk serius dan dapat mengalokasikan anggaran guna menyelesaikan persoalan banjir di Singkil,” dorong Anggota DPR RI dapil Aceh ini.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Singkil Dulmusrid berharap pemerintah pusat bisa membantu menyelesaikan persoalan banjir di Singkil, terutama menormalisasi sungai-sungai di Kabupaten Singkil yang sudah dangkal, agar ketika hujan turun sungak tidak meluap.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Singkil terletak di wilayah daerah aliran sungai (DAS) yang sangat luas dan panjang, mulai dari Aceh Tenggara, Subulussalam, Aceh Selatan, termasuk, Pakpak Bharat, Dairi, dan Humban Tobasa yang semua airnya mengalir dan bermuara ke Aceh Singkil. Sehingga ketika hujan lebat, Kabupaten Singkil selalu dilanda banjir karena sungai-sungai di Singkil kelebihan debit air dan meluap.

Dalam APBN TA 2018, alokasi Anggaran untuk Kegiatan Penangguangan Banjir di Kabupaten Singkil pada Pembangunan Prasarana Pengendalian Banjir Sungai Krueng Singkil di Kabupaten Aceh Singkil sebesar Rp 11,350 miliar. Sementara itu, untuk kegiatan Supervisi Pembangunan Prasarana Pengendalian Banjir Sungai Krueng Singkil di Kabupaten Aceh Singkil sebesar Rp 650 juta.(yn)

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...