Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 30 Okt 2018 - 20:07:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Diperiksa KPK Selama 9 Jam, James Riady Ngaku Dicecar 59 Pertanyaan

9320181030_200510.jpg.jpg
CEO Lippo Group James Riady saat mendatangi Gedung KPK, Selasa (30/10/2018). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONHSENAYAN) --CEO Lippo Group James Riady usai menjalani pemeriksaan di GedungKPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (30/10/2018) malam.James diperiksa selama sekitar 9 jam, mulaipukul 09.30 WIB hinggapukul 18.45 WIB.

Kepada awak media, dia mengaku sudah kooperatif terkait pusaran kasus suap perizinan proyek Meikarta.

"Saya dalam kapasitas pribadi, saya baru saja selesai memberikan pertanyaan di KPK. Selama sekian waktu saya menjawab 59 pertanyaan mencakupi segala hal dan saya memberikan semuanya itu dengan penuh kooperatif," kata James sesaat sebelum meninggalkan gedung Merah Putih KPK.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengatakan penyidik KPK berupaya menelisik dugaan pertemuan James dengan Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin.

Dia juga menyebut pemeriksaan James termasuk penguatan keterangan saksi dan sangkaan kepada para tersangka.

"(Lalu) kemungkinan pengungkapan penyelidikan itu apakah ada sangkut pautnya, itu biasanya yang selalu dilakukan oleh penyidik, dalam hal ini James Riady, kalau dipanggil ke sini, Pak James ini kebetulan yang bersangkutan merupakan CEO dari Lippo, yang membawahi Meikarta tersebut, sudah barang tentu penyidik ingin mengetahui paling tidak apa beliau itu dalam kapasitas itu kewenangannya apa saja," ucap Basaria.

Nama James tertulis sebagai saksi untuk tersangka Billy Sindoro di jadwal pemeriksaan KPK. Namun, menurut Kabiro Humas KPK Febri Diansyah sebelumnya, keterangan James diperlukan untuk sembilan orang tersangka.

Sembilan orang tersangka itu termasuk Bupati Neneng dan Billy, yang disebut sebagai Direktur Operasional Lippo Group. Para tersangka dari jajaran Pemkab Bekasi diduga menerima Rp 7 miliar terkait perizinan proyek Meikarta. Duit itu disebut sebagai bagian darifeefase pertama yang bernilai total Rp 13 miliar. (Alf)

tag: #proyek-meikarta  #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...