Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 20 Nov 2018 - 16:27:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Ganjil-Genap di Tol Tambun Diberlakukan Desember

946yrGiKUYS8.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

BEKASI (TEROPONGSENAYAN)--Pemerintah terus memperluas kebijakan ganjil-genap guna mengurangi kemacetan. Kali ini aturan itu akan diberlakukan di Gerbang Tol Tambun, Bekasi pada Desember 2018 mendatang.

"(Aturan) ganjil-genap kita tambah lewat (Gerbang Tol) Tambun. Pemberlakuan ganjil-genap awal bulan Desember," ujar Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Hindro Surahmat di Apartemen Grand Dhika, Bekasi, Selasa (20/11/2018).

Hindro mengatakan, peraturan ganjil-genap berlaku pada pukul 06.00-09.00 WIB. Saat ini, aturan tersebut masih disosialisasi di Gerbang Tol Tambun hingga akhir November.

"Sebagai kompensasinya, kita menyiapkan 13 unit bus (di sekitar Gerbang Tol Tambun). Diharapkan para pengguna jalan beralih ke angkutan umum," ujar Hindro.

Di lokasi yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan peraturan ganjil-genap di Gerbang Tol Tambun memiliki banyak manfaat. Salah satunya menurunkan kepadatan kendaraan hingga 30%.

"(Peraturan) ganjil-genap itu dapat meningkatkan kenaikan kecepatan (kendaraan) 30-40%. Penurunan kepadatan 30%. Itu kan berkaitan dengan CO2 (karbon dioksida). Jadi banyak manfaat diperoleh. Proses ganjil-genap ini proses edukasi. Kita mengharapkan masyarakat menggunakan angkutan massal. Setelah nggak ada masalah pun mereka naik bus. Industri bus akan efisien kalau volumenya masif," ujar Budi.

Sebelumnya, sistem ganjil-genap direncanakan berlaku di Gerbang Tol Tambun pada Kamis (15/11) lalu. Kebijakan ini merupakan salah satu cara Kemenhub mengatasi kemacetan di JalanTol Jakarta-Cikampek. Kemacetan parah ini terjadi imbas proyek Jalan Tol Japek Elevated.(yn/detikcom)

tag: #ganjil-genap  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement