Ragam

Cara Bahagia Sepanjang Hari

Oleh Akhrie Rabbani pada hari Rabu, 21 Nov 2018 - 15:49:34 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

93bahagia.jpg.jpg

Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

Bismillah
.
Pagi ini saya menyapa dengan hangat seorang rekan kerja saya. Namanya Pak Wildan. Setiap kali saya bertemu dengannya saya berusaha untuk menyapa setiap orang dengan hangat. Menanyakan kabar mereka. Dan mengajak mereka untuk mengobrol ringan. Itu sudah menjadikan saya bahagia, begitu juga dengan mereka.
.
Temen temen tahu apa efeknya dari sapaan hangat pagi ini, Beliau langsung membuatkan saya secangkir kopi good day. Masya Allah…Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya. Jika kita berbuat baik kepada orang lain maka kebaikan untuk sejatinya untuk kita sendiri. 
.
Ada banyak cara kita untuk bisa menyentuh hati orang lain, yang paling mudah adalah dengan senyuman. Tersenyumlah kepada setiap orang yang kita jumpai. Senyum merupakan pancaran aura kebahagiaan dari dalam hati. Jangan pelit untuk tersenyum ketika bertemu dengan saudara. Bukankah senyuman merupakan sedekah yang paling mudah. Dengan tersenyum kita mendapatkan pahala dari Allah Swt. Belum lagi kalo kita jabat tangan teman kita tersebut. Selama tangan itu masih berjabatan, maka kata Rasulullah dosa dosa nya akan berguguran. 
.
Hari Anda hanyalah hari ini. Begitu kata Syaikh Aidh Al Qorni dalam bukunya La Tahzan. Maka manfaatkanlah hari ini dengan sebaik mungkin. Besok belum tentu jadi milik kita. Jika kita tahu bahwa hari ini adalah hari terakhir kita di dunia. Tentu kita akan beramal sebaik mungkin bukan.
.
Ada sebuah buku yang saya baca setiap hari. Judulnya Happines Every Day. Buku ini saya beli ketika pameran buku Islami di Jakarta kemarin. Saya beli buku ini karena ini saya ingin menjadi pribadi yang bahagia setiap hari. Ternyata ada banyak alasan dan cara kita untuk bahagia setiap hari.
.
Cara yang paling mudah adalah dengan bersyukur setiap nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Badan yang masih sehat, kendaraan yang masih bisa melaju kencang,  anak anak yang tertawa, istri yang menyiapkan sarapan pagi hari ini, sahabat sahabat yang baik, secangkir kopi hangat, Sudahkah kita mensyukuri itu semua?
.
Jika ingin Allah menambah nikmatNya kepada kita, maka syukurilah hal tersebut. Karena bagaimana Allah akan menambah nikmat yang ada pada diri kita. Sedangkan nikmat yang ada tidak pernah kita syukuri. 
.
Ingat…tujuan kita di dunia adalah untuk beribadah kepada Allah Swt. Niatkan setiap aktifitas kita untuk meraih keridhaan dari Nya. “Dan tidak kuciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaKu” (Adzzariyat 56)
.
Kalau pun ada masalah hidup yang membuat kita bersedih hari ini. Ingatlah bahwa kita hidup di dunia ini hanya sementara. Begitu juga dengan masalah. Masalah akan datang silih berganti. Dan tidak ada masalah yang abadi di dunia ini.
.
Masalah yang sebenarnya adalah ketika di akhirat kita tidak masuk ke dalam syurgaNya. Syurga dengan segala kenikmatan-Nya. Bayangkan Anda berkeliling syurga dengan bidadari yang cantik jelita. Anda berkeliling dengan kendaraan yang paling canggih yang pernah ada. 
.
“ Di dalam syurga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap di pandang mata (Azzukhruf : 71)
.
Temen temen yang pecinta Allah azza wajalla
.
Ustadz saya pernah berpesan kepada saya…

Akhri, "Stop Feeding Negatif to Your Self". Berhentilah memberi makanan negatif kepada dirimu. 
.
Pikiran itu ibarat seorang sahabat yang sedang bercakap cakap dengan Anda. Maka hari ini buatlah percakapan yang semangat dan ceria. Bayangkan jika ada seorang sahabat di samping Anda yang terus menerus mendesah dan mengeluh dan berburuk sangka kepada orang lain. Anda tentu tak menyukainya bukan. Dan ingin buru buru pergi darinya. 
.
Begitulah pikiran kita temen temen, apapun kondisi Anda saat ini. Ajaklah pikiran Anda berbicara yang menyenangkan. Saat hujan ketika berkendara, nikmatilah air hujan tersebut, 
.
Rasulullah bersabda : “Diberkati orang orang yang berbicara baik”.(*)

tag: #akhrie-rabbani  

Bagikan Berita ini :