Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 25 Nov 2018 - 22:37:32 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Apresiasi Prestasi Kapolri di Tingkat Internasional

67kapolri-tito.jpg.jpg
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang diwakili Kapolri JenderalTito Karnavianmenghadiri Sidang Umum Interpol ke-87 tahun 2018 digelar di Dubai, Uni Emirat Arab.

Pada sidang lembaga kepolisian internasional tersebut, Polri mendapat sorotan karena keberhasilan menjalankan tugas kepolisian di era modern.Prestasi Polri di kancah internasional tersebut pun diapresiasi anggota Komisi III DPR, Teuku Taufiqulhadi.

Politisi NasDem ini menilai wajar Kepolisian di bawah kepemimpinan Tito mendapat pujian dari negara lain. Sebab, Tito memiliki kebijakan yang baik dan langkah dalam upaya penanggulangan dan penindakan terhadap kejahatan lintas negara khusus terorisme.

"Latar belakang Pak Tito sebagai perwira yang ditugaskan secara intensif menanggulangi terorisme, sebelum jadi Kapolri telah menggeluti yang dalam secara akademis dalam masalah ini juga," kata Taufiqulhadi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Taufiqulhadi mengungkapkan, selama Tito menjadi Kapolri, banyak terobosan - terobosan yang membuat langkah-langkah kepolisian lebih efektif menyelesaikan kasus transnasional.

"Negara-negara lain dapat melihat langkah polri dalam penanggulangan terorisme ini di negara Indonesia yang luas dan sangat beragam dalam pemahaman masalah keislaman," ucapnya.

Sejumlah negara-negara melihat Indonesia cukup berhasil dalam kebijakan terkait pemberantasan terorisme dan penanggulangan paham-paham radikal.

"Saya berpendapat, kemampuan kepolisian meredam isu terorisme dan kejahatan lain saat ini, tidak bisa dilihat sebagai hal wajar-wajar saja (taken for granted)," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, Korps Bhayangkara mendapat apresiasi dibawah kepemimpinan Tito Karnavian.

"Tapi harus dilihat sebagai prestasi polri di bawah Tito. Saya sangat mengapresiasi hal tersebut," tukasnya

Sebelumnya, Dalam sebuah video, Sekjen Interpol, Jurgen Stock meminta masukan dan tanggapan kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian terkait bagaimana Inovasi kepolisian dimasa yang akan datang.

Menanggapi hal itu, Tito Karnavian menuturkan bahwa masalah inovasi kepolisian RI dalam menghadapi tantangan global yakni dengan membentuk Cyber Crime yang profesional.

Menurut dia, tantangan tugas kepolisian akan semakin banyak dipengaruhi oleh berbagai potensi gangguan keamanan sebagai akibat dari perkembangan teknologi, seperti kejahatan siber secara lintas negara atau transnasional.

"Peningkatan kapasitas personel agar mampu beradaptasi dengan perkembangan situasi terkini menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan,” kata Tito

Tito juga mengatakan faktor lain yang tak kalah penting adalah kemampuan dalam membangun jaringan, berkomunikasi, berkoordinasi dan bekerjasama dengan aparat penegak hukum dari berbagai negara di dunia.

“Juga pengembangan inovasi berbasis teknologi, seperti pengembangan teknologi digital forensik, teknologi IT dalam penegakan hukum dan teknologi IT dalam pelayanan publik,” ujarnya.(yn)

tag: #kapolri  #kapolri-jenderal-pol-tito-karnavian  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...