Editorial
Oleh Pamudji Slamet pada hari Rabu, 28 Nov 2018 - 11:57:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Setiap Tarikan Nafas adalah Regulasi

50images (21).jpeg.jpeg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

Adakah laku hidup sehari-hari yang bebas dari regulasi? Adakah setiap keputusan jauh dari regulasi? Jawabannya, tidak ada.

Di rumah, sekolah, ruang publik, kantor pemerintah, swasta, dimana-mana, selalu ada regulasi. Setiap aktivitas selalu bersandar pada regulasi. Dengan bahasa agak bombastis, adalah benar bila ada yang bilang setiap tarikan nafas adalah regulasi.

Ya, regulasi, regulasi ,dan regulasi.

Ibarat sebuah permainan, tentu ada rule yang mengatur para pemainnya. Rule serupa juga digunakan untuk menentukan skema dan pola permainan. Tanpa rule, tentu tak akan ada permainan.

Sebuah organisasi besar bernama negara pun, pastinya bergerak berdasarkan regulasi. Elemen Trias Politika yang menggerakkan negara (eksekutif, legislatif, dan yudikatif), tidak bisa tidak, akan selalu bersandar kepada regulasi saat menyusun program dan kebijakan. Betapa penting dan strategisnya regulasi.

Sebuah sistem, tak akan pernah lahir tanpa adanya regulasi. Sebaliknya, sebuah regulasi, dengan caranya, akan leluasa membangun dan memelihara sebuah sistem.

Sekali lagi, betapa penting dan strategisnya regulasi. (*)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Editorial Lainnya
Editorial

Redam Harga Masker!

Oleh Firdaus
pada hari Selasa, 18 Feb 2020
Belakangan ini masyarakat terkejut dengan lonjakan harga masker hingga lebih 100% dan barangnya langka di beberapa apotik di Jakarta maupun daerah lainnya. Bahkan Komisi Pengawas Persaingan Usaha ...
Editorial

Degradasi Etika Pejabat

Keputusan Pemerintah menentukan Pangkalan Militer TNI di komplek Pangkalan Udara Raden Sajad Kepulauan Natuna untuk lokasi observasi 238 WNI dari Wuhan, China, adalah keputusan yang tepat. Pertama, ...