Editorial

Setiap Tarikan Nafas adalah Regulasi

Oleh Pamudji Slamet pada hari Rabu, 28 Nov 2018 - 11:57:16 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

50images (21).jpeg.jpeg

Ilustrasi (Sumber foto : ist)

Adakah laku hidup sehari-hari yang bebas dari regulasi? Adakah setiap keputusan jauh dari regulasi? Jawabannya, tidak ada.

Di rumah, sekolah, ruang publik, kantor pemerintah, swasta, dimana-mana, selalu ada regulasi. Setiap aktivitas selalu bersandar pada regulasi. Dengan bahasa agak bombastis, adalah benar bila ada yang bilang setiap tarikan nafas adalah regulasi.

Ya, regulasi, regulasi ,dan regulasi.

Ibarat sebuah permainan, tentu ada rule  yang mengatur para pemainnya. Rule serupa juga digunakan untuk menentukan skema dan pola permainan. Tanpa rule, tentu tak akan ada permainan.

Sebuah organisasi besar bernama negara pun, pastinya bergerak berdasarkan regulasi. Elemen Trias Politika yang menggerakkan negara  (eksekutif, legislatif, dan yudikatif), tidak bisa tidak, akan selalu bersandar kepada regulasi saat menyusun program dan kebijakan. Betapa penting dan strategisnya regulasi. 

Sebuah sistem, tak akan pernah lahir tanpa adanya regulasi. Sebaliknya, sebuah regulasi, dengan caranya, akan leluasa membangun dan memelihara sebuah sistem.

Sekali lagi, betapa penting dan strategisnya regulasi. (*)

tag: #  

Bagikan Berita ini :