Berita

Sandi Punya Oke Oce, Ma'ruf Amin Punya Gus Iwan

Oleh Bara llyasa pada hari Sabtu, 08 Des 2018 - 20:52:03 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

76maruf2.jpg

Cawapres Ma'ruf Amin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --  Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin, menyatakan dirinya ingin mengajak semua pihak untuk membangun ekonomi yang makmur bagi seluruh lapisan masyarakat dengan menjadi pengusaha. Khususnya di kalangan santri, salah satu yang didukungnya adalah Gus Iwan, akronim dari Santri Bagus Pinter Ngaji Usahawan.

Hal itu diungkap Kiai Ma'ruf saat bertemu dengan Forum Santri Indonesia (FSI) yang mendeklarasikan dukungan di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (8/12).

"Kami ingin ada semacam model santri yang usahawan," kata Kiai Ma'ruf.

Salah satu modelnya ya Gus Iwan itu. Dengan program itu, diharap santri bukan menjadi beban negara. Tetapi justru memberikan kontribusi bagi kemakmuran serta kesejahteraan bangsa.

"Saya ingin mendorong lahirnya Gus Iwan-Gus Iwan ini supaya ikut memakmurkan bangsa dan negara," katanya.

Dengan Gus Iwan, maka santri tak sekedar punya ilmu agama yang cukup. Namun dengan pendidikan vokasi, ada keahlian dan mampu membangun usaha dari kecil. Untuk membangunnya, bisa dibangun kerja sama lewat koperasi, atau kerja sama dengan pengusaha yang sudah kuat. Jalan kemitraan juga bisa dilakukan.

Semisal pembukaan gerai minum kopi, kerja sama pesantren dengan petani untuk penanaman jagung serta pemeliharaan sapi, dan lain-lain.

"Sapi kan butuh batang jagung, daun jagung, batangnya. Jadi sapi gemuk. Kemudian jagung butuh sapi, kotorannya. Jagung jadi gemuk. Ini kita kembangkan di pesantren-pesantren," ulas Kiai Ma'ruf. (ahm)

tag: #maruf-amin  

Bagikan Berita ini :