Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Rabu, 12 Des 2018 - 09:38:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Tol Cipali, Bukti Sandiaga Bangun Infrastruktur Tanpa APBN

26images (53).jpeg.jpeg
Jalan Tol Cipali (Sumber foto : ist)

RANTAU PRAPAT (TEROPONGSENAYAN)--Clon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyatakan, membangun infrastruktur tanpa membebani anggaran negara sangat memungkinkan.

Mantan investor infrastruktur ini mengaku pernah menjalankannya dengan membangun beberapa proyek besar tanpa membebani uang rakyat.

"Saya pernah turut membangun infrastruktur jalan tol cipali 116km, tidak memakai uang negara dan membebani utang untuk negara dan BUMN," kata Sandiaga di Rantau Rapat, Sumut, Selasa (11/12/2018).

Menurut mantan wakil gubernur DKI ini, kuncinya melibatkan dunia usaha dan swasta. Bukan hanya BUMN dengan menggunakan APBN atau APBD.

"Di samping dana swasta murni, pemerintah juga dapat mendorong penguatan kemitraan antara pemerintah dengan swasta dalam skema PPP (public private partnership)," ujarnya.

"Skema PPP atau KPBU sudah ada dasar hukumnya, tetapi saat ini belum maksimal dalam implementasinya. Proyek-proyek insfrastruktur dengan skema PPP belum dioptimalkan sehingga banyak yang terlambat diputuskan" jelas Sandi.

Menurut Sandi, skema ini biasanya didanai dengan system availability payment atau concession.

"Untuk memastikan tata kelola yang baik, good governance, skema ini juga bisa dilakukan dengan pola solicited atau unsolicited," jelasnya.(plt)

tag: #sandiagauno  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Berita Lainnya
Berita

Heboh, Video Ma'ruf Amin Diganggu Coretan Merah, Panitia Webinar Diminta Cari Penyebabnya

Oleh Rihad
pada hari Kamis, 04 Jun 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Sebuah kejadian jangal  terjadi ketika tayangan video Wakil Presiden Ma"ruf Amin diganggu saat menjadi pembicara dalam Webinar di Universitas Islam Negeri (UIN) ...
Berita

Masjid di Jakarta Mulai Dibuka Kembali, Perhatikan Ketentuan Buat Jamaah

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- DKI Jakarta telah membuka tempat-tempat ibadah di Jakarta mulai Jumat (5/6). "Masjid, mushala, gereja, vihara, pura, klenteng semua sudah mulai bisa membuka Tapi, ...