Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 26 Des 2018 - 21:33:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Tolak Uang CSR Disebut Gratifikasi, Eni Saragih: Itu Zakat dari Pengusaha

2120181226_213233.jpg.jpg
Eni Maulani Saragih (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragihmengakui keterangan keterangan yang disampaikan mantan stafnya, Indra Purmandani, terkait penerimaan uang dari sejumlah pengusaha.

Namun, Eni mengelak bila uangCorporate Social Responsibility(CSR)itu disebut jaksa KPK sebagai gratifikasi.

"Keterangan saudara Indra, memang saya benarkan semua apa yang disampaikan Indra. Tapi, pada hari ini, saya sampaikan bahwa memang penerimaan-penerimaan itu sifatnya CSR," ujar Eni menanggapi kesaksian Indra dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2018).

Eni pun mengklaim CSRatau tanggung jawab sosial perusahaan itu untuk semua masyarakat di Temanggung. Dalam surat dakwaan KPK, total penerimaan gratifikasi Eni seluruhnya sebesar Rp 5,6 miliar dan SGD 40 ribu.

"Itu bisa dipertanggungjawabkan sebenarnya, dan memang diakui itu," sebut Eni.

Selepas persidangan, Eni menyebut uang dari para pengusaha itu sebagai bantuan untuk masyarakat di daerah.

Para pengusaha itu, disebut Eni sebagai teman-temannya yang memberikan zakat ke masyarakat melalui dirinya.

"Bukan hanya ini saja. Kadang-kadang setiap tahun, eh coba dong, apa namanya, zakatnya. Ini kan pengusaha semua, kawan-kawan saya pengusaha, zakat sini bagi. Tidak hanya terkait dengan pilkada ini," kata Eni.

"Mereka punya rezeki dan mungkin bahasa saya bercanda, 'Eh zakatnya dong kirim-kirim buat bantu orang susah'," imbuh Eni.

Eni mengaku sebenarnya berasal dari daerah pemilihan (dapil) di Jawa Timur, tetapi kerap ke Temanggung di Jawa Tengah karena dianggapnya sebagai kampung halaman. Dari situlah menurut Eni aspirasi warga diserapnya sehingga dibantunya melalui uang dari pengusaha.

"Yang saya lihat begitu banyak orang miskin di sana (Temanggung) yang mungkin sudah dari abad zaman ke berapa nggak pernah merasakan semen. Itu saya salurkan (uang) ke sana. Mungkin mbak-mbak boleh lihat berapa ratus rumah yang salurkan untuk plesterisasi," kata Eni.

"Mungkin orang mengaitkan pilkada, ya silakan saja, tetapi karena Temanggung itu kampung saya, kampung suami saya," imbuh Eni. (Alf)

tag: #partai-golkar  #komisi-vii  #dpr  #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement