Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Jumat, 04 Jan 2019 - 11:47:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Sandiaga: Tak Ada Tol Laut Jokowi di Tarakan

33IMG-20190104-WA0020.jpg.jpg
Cawapres Sandiaga Uno bersama petani rumput laut di Pantai Amal, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Jumat (4/1/2019) (Sumber foto : ist)

TARAKAN (TEROPONGSENAYAN) - Sukirman, petani rumput laut di Pantai Amal, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, mengeluhkan harga jual komoditi tersebut saat berdialog dengan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno, Jumat (4/1/2018).

Menurut Sukirman, harga rumput laut jarang sekali menguntungkan petani.

"Naik paling tinggi dua ratus rupiah Pak, tapi kalau turun sampai seribu rupiah. Belum lagi alat-alat untuk budidaya rumput laut, seperti tali. Jadi harga produksi dengan harga jual kadang sangat tidak masuk," jelas Sukirman.

Hal lain yang membuat para petani budidaya rumput laut berjalan di tempat, adalah belum adanya industri pengolahan untuk bahan baku yang bisa menjadi produk turunan kosmetik, pangan, tisu, saus, dan tekstil ini. Petani Rumput laut Pantai Amal, hanya menjual bahan mentah ke Surabaya atau Makasar, untuk di olah.

Menurut Sandi, ini yang membedakan pemerintahan sekarang dan nanti. Jika In masyarakat Indonesia memutuskan untuk memilihnya bersama Prabowo Subianto sebagai Presiden dan Wakil Presiden, dia memastikan akan fokus pada ekonomi rakyat.

"Karena 99 persen jumlah usaha masyarakat Indonesia, adalah pengusaha kecil dan menengah, termasuk pelaku budidaya rumput laut ini," terang Sandi.

Sandi berjanji akan membangun industri pengolahan rumput laut. Sehingga petani seperti Sukirman dapat mendapatkan nilai lebih.

Produksi rumput lautnya bisa diserap industri, tentu dengan harga yang sesuai dengan produksi dan harga jual, sehingga bisa mensejahterakan pekerja rumput laut.

Sandi juga berjanji untuk memberikan pendampingan, pemasaran serta permodalan untuk para petani sehingga punya daya saing, tidak hanya panen, menjemur lalu dijual, tanpa ada nilai tambah.

Masalah distribusi dan angkutan juga dipersoalkan Ibu Euis, perempuan asal Garut yang tinggal di Tarakan sejak tahun 1979 ini, mengeluhkan angkutan komoditas rumput laut yang sudah diolahnya menjadi sabun dan kosmetik.

"Loh bukannya sudah dijanjikan tol laut. Kan janjinya mau dibikinin Tol Laut. Sudah ada belum tol laut?" tanya Sandi.

"Belum," teriak para petani dan pelaku bisnis rumput laut tersebut.

"Janji itu harus di wujudkan. Insya Allah kami janji akan hadir dengan para perani, nelayan dan seluruh masyarakat Indonesia, untuk menggerakkan ekonomi rakyat," janji Sandi.(plt)


tag: #sandiagauno  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...