Editorial
Oleh Pamudji Slamet pada hari Senin, 21 Jan 2019 - 10:00:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Mundur

99kursi-jabatan-sekertaris-daerah-palopo-dilelang-qtr.JPG.JPG
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

Edi Rahmayadi mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI. Keputusan mengejutkan itu muncul di perhelatan Kongres Tahunan PSSI, di Badung, Bali, Minggu (20/1/2019).

Edi, yang juga Gubernur Sumatera Utara tersebut, secara sportif mengaku gagal mengurus organisasi induk sepak bola Tanah Air itu.

"Sudah dilarang mengatur skor, terjadi pengaturan skor. Ada perkelahian juga. Itu kan berarti saya gagal. Jangan sampai karena satu atau dua orang PSSI terganggu. Mari kita doakan pemimpin berikutnya lebih jaya," tutur Edy seperti mengemuka dalam pemberitaan media massa.

Keputusan Edi layak jadi perenungan bagi para pemimpin yang lain. Mundur sebagai pemimpin (apapun bentuk dan nama lembaganya) bukan hal tabu. Bahkan, boleh dibilang mulia dan bijaksana.

Tak hanya direnungi, sikap Edi juga layak jadi inspirasi. Mengapa layak? karena hingga kini, terdapat beberapa pemimpin yang enggan mundur ketika situasi lembaga atau institusi yang dipimpinnya mengharuskannya untuk mundur. Namun, dengan dalih ingin bertanggungjawab, mereka pun menolak mundur. Padahal, mundur juga bentuk pertanggungjawaban.

Budaya mundur, tampaknya harus diwabahkan ke seluruh lembaga dan institusi di segala lini. Ini penting, karena kepemimpinan itu soal kredibilitas. Jika sudah tidak kredibel, ya untuk apa bertahan di kursi pemimpin. Ini juga isyarat diperkukannya pemimpin pengganti. (*)

tag: #pssi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Editorial Lainnya
Editorial

Redam Harga Masker!

Oleh Firdaus
pada hari Selasa, 18 Feb 2020
Belakangan ini masyarakat terkejut dengan lonjakan harga masker hingga lebih 100% dan barangnya langka di beberapa apotik di Jakarta maupun daerah lainnya. Bahkan Komisi Pengawas Persaingan Usaha ...
Editorial

Degradasi Etika Pejabat

Keputusan Pemerintah menentukan Pangkalan Militer TNI di komplek Pangkalan Udara Raden Sajad Kepulauan Natuna untuk lokasi observasi 238 WNI dari Wuhan, China, adalah keputusan yang tepat. Pertama, ...