Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 28 Jan 2019 - 14:17:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Sejumlah Purn TNI-Polri Deklarasikan Petisi untuk Pilpres Netral, Jujur dan Adil

93rps20190128_141452.jpg.jpg
Sejumlah Purn TNI dan Polri saat deklarasi petisi Pilpres 2019 netral, jujur dan adil di kediaman mantan Kapolda Metro Jaya, Nugroho Djayusman, Jl. Bangka IX No. 1 B, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (28/1/2019). (Sumber foto : TeropongSenayan.dok)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sejumlah Purnawirawan (Purn) TNI dan Polri melakukan penandatangan petisi Pilpres 2019 yang netral, jujur dan adil.

Deklarasi digelar di kediaman mantan Kapolda Metro Jaya, Nugroho Djayusman, Jl. Bangka IX No. 1 B, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (28/1/2019).

Tampak hadir, Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso, Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhi Purdijatno, Marsekal TNI (Purn) Imam Syafa'at, Komisaris Jenderal Pol. (Purn) Nugroho Djayusman, dan Komisaris Jenderal Pol. (Purn) Sofjan Jacoeb.

Komisisaris Jenderal Pol. (Purn) Sofjan Jacoeb mengaku sangat kwahtir dengan kondisi saat ini. Pasalnya, segala cara dilakukan oleh kubu petahana untuk memenangkan Pilpres 2019.

"Segala cara ditempuh mengunakan menteri, menggunakan Polri, BIN semua dia gunakan untuk memenangkan segala cara. Mari kita jaga suara-suara di TPS itu kuncinya," tegas Jacoeb dalam sambutannya.

Sementara mantan Kapolda Metro Jaya, Nugroho Djayusman dalam menyampaikan isi petisi itu meminta agar aparatur sipil negara, TNI, Polri, dan BIN untuk netral dalam pemilihan presiden nanti.

"Kondisi ini sangat menciderai prinsip daulat rakyat sebagai kekuasaan tertinggi dalam demokrasi untuk memilih presiden sebagai representasi kedaulatan rakyat itu sendiri," katanya.

Dirinya juga menyampaikan sebagai komunitas yang peduli terhadap suara rakyat dalam proses demokrasi, maka dirinya beserta kawan-kawan purnawirawan mengajukan petisi kepada pemerintah.

Pertama, mendesak netraliitas TNI, Polri, dan BIN dan semua aparatur sipil negara dalam pemeilihan presiden.

Kedua, mendesak agar seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di jaga oleh para prajurit TNI, Polri yang ikut berperan sebagai pengawal pesta demokrasi tahun 2019.

"Kepada semua pihak termasuk masyarakat luas agar melaporkan kepada Bawaslu dan pihak terkait lainnya, apabila mengetahui terjadinya ketidak netralan atau keberpihakan jajaran TNI, Polri, BIN dan aparatur negara lainnya demi menjamin jujur dan adilnya pemilu," tegas dia.

Sekitar 80 orang dari purnawirawan TNI dan Polri juga tokoh agama, tokoh masyarakat dan para akademisi bergabung bersama dalam petisi Pilpres yang netral, jujur dan adil tersebut. (Alf)

tag: #pilpres-2019  #tnipolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement