Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 27 Feb 2019 - 12:34:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Oso Minta Viral e-KTP WNA Diusut Tuntas Kebenaranya

tscom_news_photo_1551245686.jpg
Oesman Sapta Odang (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ketua Umum Partai Hanura Osman Sapta Odang atau OSO meminta kasus viralnya informasi bahwa ada WNA asal China yang memiliki e-KTP dengan domisili di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Agar diusut secara tuntas.

"Saran saya harus ditangani secara khusus hal ini supaya tidak menimbulkan polemik inilah hal-hal seperti ini betul betul bisa mempengaruhi semua kegiatan kegiatan itu sendiri," kata Oso di Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Jika tak di usut secara tuntas, dirinya khawatir kasus ini dijadikan bahan hoax oleh orang-orang tertentu. Apalagi, dengan menjelang pilpres yang dimana isu hoax dimasyarakat semakin kencang.

"Iya ini juga kita mesti hati-hati zamannya hoax bisa aja kartu penduduk itu di fotocopy segala macam itu bisa dilakukan hoax itu. Memang sekarang lagi tinggi nilai hoaksnya jadi jangan sampai seperti itu yang jadi korban rakyat ya kan," jelasnya.

Kendati demikian, Oso mengatakan, untuk negara asing memang tidak diperbolehkan untuk memilih pada pemilu di Indonesia.

"Tapi ya setahu saya gak boleh yang WNA Asing gak boleh memilih ya," kata ia.

Sementara, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP)untuk warga negara asing (WNA)adalah salah satu bentuk perwujudan sistemsingle identity number.

Meski begitu, Zudan menyatakan warga negara asing tidak diperbolehkan untuk mengikuti pemilu di Indonesia. (ahm)

tag: #ektp  #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dua Pegawai KAI yang Jujur Terima Hadiah Ponsel, Pulsa dan Sederet Asuransi

Oleh Rihad
pada hari Senin, 13 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Menteri BUMN Erick Thohir memberikan apresiasi kepada dua petugas KRL karena bersikap jujur usai menemukan Rp 500 juta di kereta, Senin (13/7). Mereka adalah petugas ...
Berita

Kuasa Hukum Heru Hidayat Tegaskan Akan Terus Kejar Keterangan Dirut Jiwasraya, Kenapa?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Penasihat Hukum Heru Hidayat, Aldres Napitupulu mengatakan, dalam sidang lanjutan perkara Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Senin (13/07), peran Direktur Utama PT Asuransi ...