Berita

Sesepuh HMI dan Mantan Menpora Mahadi Sinambela Tutup Usia

Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 01 Mar 2019 - 15:34:04 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1551429244.jpg

Mantan Menpora RI era Presiden Gus Dur, Mahadi Sinambela. (Sumber foto : Ist)

 JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) —Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Drs H Mahadi Sinambela pagi tadi, Jumat 1 Maret 2019, menghembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto. Mahadi Sinambela tutup usia 72 tahun setelah sempat bergelut dengan penyakit yang dideritanya beberapa tahun terakhir. 

Kabar wafatnya Mahadi Sinambela diketahui dari grup-grup WA alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).   Ratusan grup alumni HMI sejak pagi tadi menerima informasi tersebut dan dengan capat disebar ke grup-grup lainnya.  

Dari rumah sakit, jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka Jalan Rapih 3 Kelurahan Makasar Kecamatan Makassar Jakarta Timur. Menurut rencana, jenazah akan dikembumikan di Pemakaman Pondok Rangoon.

Mahadi Sinambela adalah salah satu tokoh sepuh HMI yang sejak mahasiswa aktif di HMI Cabang Yogyakarta. Mahadi meyelesaikan kuliahnya di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan di sanalah aktif sebagai aktivis HMI. 

Mahadi Sinambela lahir di Tanjung Balai, Sumatera Utara, 5 Agustus 1947. Mahadi  juga adalah tokoh Golkar dan menjadi anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Golkar pada tahun 1994.

Ia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pemuda dan Olahraga pada Kabinet Persatuan Nasional atau di masa kepemimpinan Presiden Abdurahman Wahid alias Gus Dur. 

Mahadi menjabat Menpora dari 1999 sampai tahun 2000. Menpora sebelumnya dipegang Agung Laksono. Di Kabinet Menteri Megawati, jabatan Menpora berpindah ke Adhiyaksa Dault. (Alf)

tag: #hmi  #partai-golkar  

Bagikan Berita ini :