Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Jumat, 01 Mar 2019 - 21:00:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Pimpinan MPR RI Minta Kader HMI Warisi Api Perjuangan Lafran Pane

tscom_news_photo_1551448801.jpg
Acara Peringatan Milad HMI ke-72 oleh HMI Cabang Malang Jawa Timur bertajuk; "Merajut Perbedaan Kokohkan Persatuan Dan Memperkuat Empat Pilar Berbangsa Demi Menjaga Keutuhan NKRI" di Aula Gedung C Pasca Sarjana UIN Malik Ibrahim Malang, Jumat (1/3/2019). (Sumber foto : Ist)

MALANG (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah meminta kepada segenap kader HMI Cabang Malang untuk mewarisi api perjuangan Pendiri HMI, Prof Lafran Pane. Atas jasanya yang besar kepada bangsa dan negara, Presiden Joko Widodo pun telah memberikan anugerah Pahlawan Nasional kepada Lafran Pane berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115/TK/Tahun 2017.

"Sebagai pendiri HMI, Lafran Pane telah menekankan pentingnya semangat Islam dan Nasionalisme serta keterpaduan antara dakawah Islam dan Nasionalisme. Semangat inilah yang harus diwarisi bukan hanya oleh kader-kader HMI tetapi juga oleh seluruh umat Islam Indonesia" kata legislator asal daerah pemilihan Malang Raya dalam acara Peringatan Milad HMI ke 72 oleh HMI Cabang Malang Jawa Timur yangmengambil tema "Merajut Perbedaan Kokohkan Persatuan Dan Memperkuat Empat Pilar Berbangsa Demi Menjaga Keutuhan NKRI" di Aula Gedung C Pasca Sarjana UIN Malik Ibrahim Malang, Jumat (1/3/2019).

Basarah yang juga penerima penghargaan KAHMI AWARD pada tahun 2015 lalu memaparkan lebih lanjut bahwa komitmen dan konsistensi korps keluarga besar HMI untuk Indonesia sudah demikian jelas. Hal ini terlihat jelas dalam dua tujuan awal berdinya HMI, yaitu mempertahankan Negara Republik Indonesia dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia serta yang kedua, adalah menegakkan dan mengembangkan ajaran Islam.

"Inilah bukti nyata, bukti konkret bahwa antara Islam dan kebangsaan tidak saling menegasikan, dan keduanya bisa berjalan beriringan dan berdampingan dengan harmonis," jelas Wasekjen PDI Perjuangan tersebut.

Pada bagian lain, Basarah juga menyinggung sumbangsih dan perjuangan fisik organisasi mahasiswa yang lahir pada 5 Februari 1947 atau 14 Rabiul Awwal tahun 1366 Hijriyah. Sebagai contoh HMI ikut berjuang menghadapi agresi II militer Belanda pada tahun 1948, berjuang menumpas pemberontakan PKI tahun 1948 di Madiun. Kemudian mengirimkan ratusan kader dan sukarelawan "Dwikora" di Kalimantan Utara selama setahun atau pada periode 1964-1965.

Diakhir pidatonya Ketua Badan Sosialiasi MPR RI itu juga mengharapkan agar Pemerintah, baik nasional maupun daerah agar terus memberikan dukungan agar kaderisasi dalam tubuh HMI terus berlangsung. Bersama-sama ormas mahasiswa yang lain seperti GMNI, PMII GMKI PMKRI, IMM, GM-FKPPI dan yang lainnya adalah kawah candradimuka kader-kader pemimpin bangsa yang sudah terbukti memberikan kontribusi besar melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa sejak awal Indonesia merdeka dulu.

Calon-calon pemimpin bangsa memang sudah selayaknya harus mengalami proses penggemblengan sejak usia muda, sehingga jiwa kepemimpinannya, integritasnya dan kapabilitasnya sudah melalui proses pengujian sejak memimpin organisasi gerakan pemuda dan mahasiswa. Pemimpin yang lahir dari proses penggemblengan yang matang insya Allah akan lebih baik dari pada pemimpin yang lahir secara instan dan mengandalkan dukungan modal serta popularitas semata yang dapat direkayasa melalui sistem dan teknologi komunikasi politik yang memang sudah semakin canggih saat ini.

"HMI, GMNI, PMII, PMKRI, GMKI, IMM, GM-FKPPI dan ormas-ormas kemahasiswaan lainnya harus terus kita dukung dan kembangkan keberadaannya kalau kita memang serius ingin menyiapkan generasi-generasi baru yang akan melanjutkam estafet kepemimpinan bangsa yang berpeguh teguh pada nilai-nilai keindonesiaan yang kokoh" ujar Ahmad Basarah. (Alf)

tag: #mpr  #hmi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...