Bisnis
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Sabtu, 09 Mar 2019 - 12:35:00 WIB
Bagikan Berita ini :
JADI PROYEK STRATEGIS NASIONAL

PT SMI Dukung Pembiayaan Dua Ruas Tol di Jabar dan Jatim

tscom_news_photo_1552110329.jpg
Emma Sri Martini (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- BUMN pembiayaan infrastruktur, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) siap mendukung pembiayaan pembangunan Tol Cibitung-Cilincing di Jawa Barat dan Krian-Legundi-Bunder-Manyar di Jawa Timur.

"Ini merupakan salah satu wujud dukungan terhadap upaya meningkatkan konektivitas antardaerah yang akan mendorong terciptanya manfaat berkelanjutan bagi masyarakat," kata Direktur Utama PT SMI, Emma Sri Martini dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (9/3/2019).

Dama membangun kedua ruas tol yang masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) ini, telah disepakati kredit investasi infrastruktur jalan tol untuk PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP) sebesar Rp6,8 triliun dan PT Waskita Bumi Wira (WBW) dengan nilai Rp3,96 triliun.

Dukungan PT SMI sendiri adalah dengan menyediakan produk pembiayaan yang memahami kebutuhan dari pemilik proyek melalui pembiayaan subordinasi yang akan memperkuat produk pembiayaan perbankan lainnya.

PT SMI juga memberikan dukungan untuk mewujudkan profil keuangan debitur yang lebih sehat, sehingga mampu menarik para investor serta perbankan untuk berinvestasi pada proyek infrastruktur di Indonesia.

Perlu diketahui, dalam membangun jalan tol Cibitung-Cilincing, PT SMI bersinergi dengan Bank Mandiri, BNI, BRI dan CIMB Niaga, Bank Panin, Bank DKI, dan Bank Jatim untuk mengucurkan pembiayaan bagi CTP dalam membangun ruas tol sepanjang 34,02 kilometer.

Kehadiran tol ini akan mendukung arus lalu lintas barang di kawasan industri Cibitung dan terkoneksi langsung dengan jaringan tol Trans Jawa dan Pelabuhan Tanjung Priok, sehingga menciptakan distribusi logistik yang lebih efisien.

Sedangkan ruas jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar, PT SMI menjadi salah satu pemimpin sindikasi pembiayaan yang bersinergi dengan Bank BNI, BRI, dan CIMB Niaga Syariah, Bank Jatim dan Bank Jatim Syariah, Bank Bali, Bank Riau Kepri, Bank NTT, Bank Maluku Malut, Bank Papua, Bank Kalsel, Bank Sumsel Babel, Bank Kalbar, dan Bank Bengkulu.

Ruas tol sepanjang 38,29 kilometer ini merupakan lingkar luar kota Surabaya yang menghubungkan kawasan Industri di Gresik dan sekitarnya dengan koneksi langsung dengan jalan tol Trans Jawa di wilayah Jawa Timur.

Pada proyek ini, PT SMI akan mendukung struktur pembayaran pokok dan bunga yang dibuat lebih fleksibel dengan menyesuaikan aliran kas atau cash flow proyek. (ahm)

tag: #proyek-infrastruktur  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement