Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 20 Mar 2019 - 21:57:30 WIB
Bagikan Berita ini :

TKN Sebut Survei Libang Kompas Tak Mewakili Kondisi Pasca Debat Ketiga

tscom_news_photo_1553093850.jpg
Debat Cawapres di Golden Ballroom The Sultan Hotel, pada Minggu (17/03/2019) malam lalu. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma"ruf Amin menilai tergerusnya elektabilitas petahana bukan akibat penampilan debat Cawapres Ma"ruf Amin pada debat Pilpres putaran ketiga, Minggu (17/3/2019) lalu.

Dia menegaskan,bahwa survei diLitbang Kompas yang dirilis hari ini meruaoaksurvei yang dilakukan pada periode tertentu.

Artinya,menipisnyaelektoral paslon Jokowi-Ma"ruf Amin dan Prabowo-Sandi, yang saat ini hanya berjarak 11,8% tidak mewakili perolehan suara pasca debat ketiga.Dimana penampilan Maruf Amin banyak pujian.

Juru bicara TKN, Garda Maharsi menjelaskan, bahwa survei turun atau naiknya elektoral adalah dinamikapolitik biasa.

"Survei itu saya katakan bahwa suatu dinamika politik. Tentu saja kami dari tim kampanye Nasional tentu sangat menghargai. Tapi masih ada masa berkampanye dari pertemuan terbatas dan pertemuan terbuka pada 24 Maret nanti yang bisa jadi menentukan dan kondisi pasca debat ketiga," kata Garda Maharsi dalam diskusi publik di Gado-Gado Boplo, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (20/3/ 2019).

Garda menjelaskan tentang waktu survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas yang memiliki margin of error" +-2,2 persen memang layak dipercaya. Namun yang harus digarisbawahi survei tersebut dilakukan pada 22 Februari-5 Maret 2019 atau sebelum debat ketiga dimulai.

"Saya rasa rentang waktu juga menentukan. Litbang Kompas periode tertentu. Di luar akademis wilayah politik elektoral dilakukan belum ada debat ketiga," ujar Garda.

Menurut caleg di Dapil Lampung tersebut menilai bahwa performa KH. Ma"ruf Amin cukup memikat pada debat ketiga. Mulai dari gaya diplomasi maupun program yang dirancang ala Jokowi-Ma"ruf Amin banget itu dianggap cukup mempengaruhi para undecided voter. Termasuk para generasi millenial tahap awal atau pemilih pemula.

Terbukti, kata Garda, dari pengamatan internal TKN di sejumlah media sosial menaruh ekspektasi yang tinggi atas performa Sandiaga Uno pada saat sebelum debat ketiga dimulai. Nyatanya, setelah debat ketiga pujian dan sinyalemen positif diucapkan warga net justru mengarah pada Ma"ruf Amin. Ma"ruf Amin sendiri dinilai bisa membaur kepada generasi Z atau anak millenial tersebut.

"Kan ada Ten year challenge, Dudi (Dunia Usaha dan Dunia Industri) membangun Badan riset tekhnologi program Ma"ruf Amin istilah dan program sangat menarik. Kemudian sebelum debat ketiga ekspektasi yang besar pada Sandiaga Uno. Tapi Ma"ruf Amin berperan sebagai under dog faktanya kemudian berbalik. Justru Ma"ruf Amin yang pegang kendali," ucap Garda. (Alf)

tag: #maruf-amin  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...