Berita
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Sabtu, 23 Mar 2019 - 13:40:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Jelang Kampanye Terbuka, Bawaslu dan Peserta Pemilu Deklarasikan Pemilu Beretika

tscom_news_photo_1553323214.jpg
Gedung Bawaslu (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama peserta pemilu menggelar deklarasi untuk menjalankan dan menjaga pemilu berjalan adil, jujur, bermartabat, dan demokratis menjelang kampanye terbuka.

"Dengan komitmen bersama ini, kita jaga agar tercipta pemilu yang damai, beretika dan bermartabat," kata Ketua Bawaslu, Abhan Nur di Gedung Bawaslu Jakarta, Sabtu (23/3/2019).

Pasalnya, menurut Abhan, diperlukan komitmen untuk menjaga pemilu dari politik uang, politik identitas, serta penyebaran berita bohong.

"Pemahaman masyarakat dalam berpolitik merupakan harapan kita bersama dan merupakan satu investasi dalam demokrasi yang sangat penting bagi bangsa ini," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, dalam iklan kampanye, serta kampanye terbuka atau rapat umum yang mulai digelar Minggu 24 Maret besok, para peserta pemilu harus mengedepankan adu gagasan visi serta misi daripada kampanye hitam berisi berita bohong dan fitnah.

"Pemilu ini harus menampilkan politik yang benar-benar mencerdaskan kehidupan bangsa yang bermartabat," tegas Abhan.

Abhan juga mengimbau masyarakat dan peserta pemilu agar tetap waspada dan meningkatkan kebersamaan serta kerja sama, untuk menciptakan pemilu yang damai dan tenang.

"Pemilu bermartabat dan damai adalah harga mati, siapapun pemenang pemilu ini mereka adalah saudara kita," imbuhnya.

Perlu diketahui, acara deklarasi Bawaslu dan peserta pemilu ini dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Joko Widodo-Ma"ruf Amin Erick Thohir, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Mardani Ali Sera, serta komisioner KPU.

Deklarasi juga dihadiri para perwakilan dari Komisi Aparatur Sipil Negara, perwakilan TNI-Polri, dan Kejaksaan Agung. (ahm)

tag: #bawaslu  #pemilu-2019  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...