Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Senin, 11 Mei 2015 - 13:34:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Angka Pengangguran Banyak dari Lulusan SMK, Ini Pesan Venna

97VennaMelinda.jpg
Venna Melinda (Sumber foto : Mandra Pradipta/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi X DPR RI yang meliputi masalah pendidikan da olahraga Venna Melinda meminta pemerintah mengambil sikap atas melonjaknya angka pengangguran di Indonesia saat ini.

"Masalah pengangguran ini terus berkembang. Dan ini masalah inti bagi pemerintah untuk terus menekan laju pengangguran yang terus meningkat," ujar Venna kepada TeropongSenayan di Jakarta, Senin (11/5/2015).

Mantan none Jakarta tahun 1993 ini mengaku kaget dengan adanya data terbaru terkait naiknya angka pengangguran dari lulusan SMK dan sarjana yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS)

Karena itu, anggota DPR dari Dapil Jawa Timur VI itu menyarankan agar pemerintah menggandeng berbagai perusahaan untuk mengatasi persoalan pengangguran.

"Lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan sarjana mestinya harus siap kerja. Semestinya harus ada koordinasi antar kementerian dan sejumlah perusahaan di Indonesia. Seperti halnya di Jepang, setiap perusahaan memiliki kuota bagi tenaga kerja lulusan sekolah dengan melalui proteksi dan kerjasama yang diawali oleh pemerintah dengan perusahaan-perusahaan yang ada," ungkapnya.‎

Sebelumnya, berdasarkan data BPS, lulusan SMK banyak yang menjadi pengganguran terbuka. Jumlah lulusan SMK yang menganggur mencapai 813.776 jiwa, atau 11,24 persen dari jumlah total pengangguran terbuka di Indonesia sampai Agustus 2014, yakni 7,24 juta jiwa.(yn)

tag: #venna melinda  #bps  #angka pengangguran  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement