Editorial
Oleh Pamudji Slamet pada hari Sabtu, 06 Apr 2019 - 07:47:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Mawar Merah Putih untuk Sang Jenderal

tscom_news_photo_1554511664.jpg
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (Sumber foto : ist)

Surat Telegram Kapolri Jenderal Tito Karnavian tentang netralitas Polri mendapat apresiasi dari banyak kalangan. Ada apresiasi lewat pernyataan langsung di media, ada pula yang disampaikan melalui bahasa simbol.

Pada Jumat (5/4/2019), puluhan alumni perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum Alumni Perguruan Tinggi Indonesia (Forum API) memilih menyampaikan apresiasi melalui bahasa simbol. Pada hari itu, mereka menganugerahi Jenderal Tito Mawar Merah Putih.

Sebagai bahasa simbol, pilihan Mawar Merah Putih sungguh mengena. Bunga Mawar, sejatinya adalah bunga nan sarat simbol. Setiap warnanya pun juga sarat akan makna.

Bunga Mawar atau rose terdiri atas 100 spesies lebih, dengan warna beraneka rupa. Tak hanya merah, putih, atau kuning saja, namun masih banyak puluhan gradiasi warna lainnya.Dalam perspektif psikologis, setiap warna Mawar memiliki simbol dan makna berbeda-beda. Pesan dari warna satu tak sama dengan warna lainnya.

Forum API memberi Jenderal Tito Mawar Merah Putih, apa maknanya? Mawar merah bermakna ekspresi cinta.Mawar merah juga dapat mengekspresikan emosi atau perasaan yang mendalam, baik itu cinta, kerinduan atau keinginan. Mawar merah pun dapat digunakan untuk menyampaikan rasa hormat, kekaguman atau pengabdian.

Dalam perspektif semantik, Mawar Merah untuk Jenderal Tito adalah ungkapan cinta, rasa hormat, dan kekaguman. Penerbitan Surat Telegram tentang netralitas Polri menunjukkan bahwa Jenderal Tito layak dicintai, dihormati, dan dikagumi.

Lalu bagaimana dengan Mawar Putih? Bunga Mawar ini melambangkan kemurnian, kesucian dan ketulusan. Bunga Mawar Putih dapat pula digunakan untuk menyampaikan simpati atau kerendahan hati. Ketika Mawar Putih diberikan kepada Jenderal Tito, maka sejatinya sang jenderal telah menerima ungkapan simpati, ketulusan, dan kerendahan hati. Dan memang, Jenderal Tito layak menerimanya.

tag: #pilpres-2019  #kapolri-jenderal-pol-tito-karnavian  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Editorial Lainnya
Editorial

Redam Harga Masker!

Oleh Firdaus
pada hari Selasa, 18 Feb 2020
Belakangan ini masyarakat terkejut dengan lonjakan harga masker hingga lebih 100% dan barangnya langka di beberapa apotik di Jakarta maupun daerah lainnya. Bahkan Komisi Pengawas Persaingan Usaha ...
Editorial

Degradasi Etika Pejabat

Keputusan Pemerintah menentukan Pangkalan Militer TNI di komplek Pangkalan Udara Raden Sajad Kepulauan Natuna untuk lokasi observasi 238 WNI dari Wuhan, China, adalah keputusan yang tepat. Pertama, ...