Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 22 Apr 2019 - 22:48:24 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Bupati Madina Mundur, Edy Rahmayadi: Makanya Netral

tscom_news_photo_1555948104.jpg
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. (Sumber foto : Ist)

MEDAN (TEROPONGSENAYAN) --Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyayangkan sikap Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution yang mengundurkan diri karena gara-gara calon presiden yang didukungnya kalah.

Menurut Edy, apa yang dilakukan Dahlan merupakan wujud dari kepala daerah yang tidak netral di pilpres 2019. Padahal, menurutnya, setiap kepala daerah di Sumut harusnetral agar tidak menimbulkan masalah di masa depan.

"Makanya saya bilang kepala daerah itu netral, jadi siapa pun yang menang, jadi tidak ada masalah. Siapapun yang menang, siapapun yang kalah, rakyat Sumatera Utara kan tetap rakyat Sumatera Utara," ungkap Edy kepada wartawan Senin (22/4/2019).

Dalam wawancaranya, Edy dengan tegas mempersilakan kepala daerah lain untuk meninggalkan jabatannya apabila berperilaku seperti Dahlan.

"Yang merasa tidak netral itu, ya tinggal, siapa yang mau ikut Dahlan, mundur, mundur gitu, kalau enggak netral," kata Edy.

Menurut Edy kenetralan itu sangat penting untuk menjaga kemajemukan masyarakat di Sumatera Utara. "Saya dari awal mengatakan kenapa saya netral, tak menentukan 01 atau 02 begitu, kenapa? Karena rakyat di Sumut ini, ada nomor 01 ada yang nomor 02, saya mengayomi semuanya," ujar Edy.

"(Karenanya) yang tak netral kepala daerah silakan mundur, mundur itu," ucap Edy.

Pada kesempatannya, Edy juga mengomentari sikap Dahlan yang menurutnya menyalahi prosedur saat membuat surat pengunduran diri. Edy mengatakan Dahlan harusnya tidak langsung berkirim surat dan diajukan ke presiden, melainkan melalui mekanisme ke DPRD Mandailing Natal.

"Itu dilakukan paripurna jadi hasil paripurna dilaporkan ke Kementerian Dalam Negeri via Gubernur Sumatra Utara. Begitu dia, sehingga nanti diproses lalu keluar SK nya lalu selesai. Bukan dari situ (Madina) langsung ke (Presiden)," ungkap Edi.

Sebelumya, Dahlan Hasan Nasution, secara mengejutkan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Bupati Mandailing Natal. Informasi tersebut beredar dari surat pengunduran dirinya bernomor 019.6/1214/TUPIM/2019 dibuat 18 April 2019. (Alf)

tag: #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...