Oleh Bachtiar pada hari Senin, 09 Nov 2020 - 19:07:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Ekonom Indef Ini Sarankan Pemerintah Ambil Langkah Tepat Pasca Kemenangan Joe Biden

tscom_news_photo_1604923646.jpg
Drajad Wibowo Ekonom Senior Indef (Sumber foto : Istimewa)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pemerintah Indonesia diminta untuk mengambil posisi dan langkah tepat dalam urusan geopolitik, pasca menangnya capres asal Partai Demokrat Joe Biden yang mengalahkan petahana Donald Trump di pilpres Amerika Serikat (AS) 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Ekonom Indef Drajad Wibowo saat menanggapi langkah gepolitik capres Joe Biden pasca mulai berkerja 20 Januari mendatang.

"Yang berpengaruh langsung bagi RI mungkin di bidang bio starategi dan militer. Terutama terkait dengan China, Joe Biden mungkin tidak akan frontal seperti Trump dalam berhadapan dengan China. Tapi tetap persaingan global antara China dan Amerika itu akan sangat keras," kata Drajad saat dihubungi wartawan, Senin (9/11/2020).

Drajad menjelaskan, di Asia sendiri ada dua titik panas yakni Taiwan dan laut China Selatan. Sehingga, menurut dia, AS di bawah kepemimpinan Joe Biden akan melanjutkan apa yang sudah dirintis oleh Menteri Luar Negeri Donald Trump Mike Pompeo.

"Untuk berusaha mengajak Indonesia menjadi bagian dari negara bisa membatasi berbagai ambisi China. Apakah itu ambisi geopolitik, ambisi teritorial maupun ambisi yang lainya," papar Drajad.

Dalam posisi tersebut, Ketua Dewan Pakar PAN menilai, Indonesia akan kembali ditarik-tarik oleh dua kubu besar yakni Cina dan AS.

"Terlebih lagi Indonesia mempunyai kedekatan dengan China. Jadi krusial dari sisi geopolitik dan militer. Saya mewanti- wanti soal Geopolitik maupun militer," ujar Drajad.

Drajad menganalisa, jika Indonesia salah mengambil langkah salah di dalam memilih posisi, akan memberikan dampak besar bagi ibu pertiwi.

"Bukan hanya ke geopolitik dan militer, tapi ke ekonomi juga bisa berdampak ke berbagai hal lain. Termasuk, kesehatan karena vaksin menjadi bagian pertarungan geopolitik global," tegas Drajad.

tag: #joe-biden  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement