Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 26 Okt 2016 - 12:36:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Rampingkan Fraksi, PDIP Patok Ambang Batas Parlemen Enam Persen

57AndreasPareira.jpg
Ketua DPP PDIP, Andreas Hugo Pareira (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - PDIP mematok ambang batas parlemen di angka lima sampai enam persen guna merampingkan jumlah fraksi di DPR RI. Rampingnya fraksi berdampak positif terhadap pengambilan keputusan di DPR.

Ketua DPP Partai Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira mengatakan, ambang batas parlemen perlu disoroti demi mengidealkan jumlah Fraksi di DPR

"Ambang batas parlemen itu prinsipnya semaksimal mungkin mengurangi jumlah fraksi di DPR," kata Andreas di Komleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Karena itu ia sepakat jika ambang batas dinaikan angkanya dari semula 3,5 persen. Dia mengakui ada banyak parpol yang masuk ke parlemen, namun pengambilan keputusan di DPR juga harus tetap efektif.

"Kita menghargai, kita melihat realitas pluraritas politik di Indonesia. Tapi untuk lebih mengefektifkan proses pengambilan keputusan di parlemen, kita perlu jumlah fraksi yang tidak terlalu banyak lah. Menurut saya (ambang batas parlemen) idealnya lima sampai enam persen," katanya.

Sementara itu mengenai sistem pemilihan, PDIP lebih condong ke sistem proporsional tertutup. Menurutnya sistem itu bisa memperkuat kepartaian.

"Penguatan kelembagaan partai, dan itu memperkuat representasi anggota yang terpilih nanti. Kontestasi ya antar partai dong. Karena apa? peserta pemilu kan partai politik, kalau di UUD, bukan individu," kata Andreas. (plt)

tag: #ambang-batas-parlemen  #jumlah-fraksi-dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Kata Anies Soal Beredar Partai Perubahan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 04 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anies Baswedan membantah adanya tawaran untuk pembuatan partai. Beredar di sosial media rencana pembentukan partai perubahan dengan logo burung hantu. Dari foto yang ...
Berita

Gerindra Sebut Ucapan Luhut Sebagai Masukan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Harian Gerindra Dasco menilai pesan Luhut sebagai saran untuk Prabowo. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berpesan kepada ...