Berita
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Jumat, 05 Mei 2017 - 20:24:07 WIB
Bagikan Berita ini :

MA: Kedatangan GNPF MUI Bukan Intervensi

97gedungma.jpg
Gedung Mahkamah Agung (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Mahkamah Agung (MA) menegaskan, pertemuan petinggi lembaga tersebut dengan perwakilan Gerakan Nasiolan Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) bukan bentuk intervensi terhadap vonis perkara penodaan agama.

Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur mengatakan, perwakilan GNPF MUI hanya memberikan dukungan terhadap MA. Mereka ingin agar majelis hakim dalam putusannya pada Selasa (9/5/2017) pekan depan, tegak lurus berpedoman kepada fakta-fakta persidangan.

"Kedatangan GNPF MUI bukan bertujuan untuk mengintervensi pengadilan, dalam hal ini majelis hakim," ujar Ridwan dalam konfrensi pers di Gedung MA, Jakarta, Jumat (5/5/2017).

Dalam pertemuan itu, ungkap Ridwan, lembaga yang dikepalai oleh Hatta Ali memastikan akan menjaga independensinya dalam vonis ‎kepada mantan Bupati Belitung Timur itu.

"Majelis hakim akan sangat menjaga independensi dalam memeriksa dan memutus perkara," katanya.

Ridwan menambahkan, bahwa majelis hakim yang menangani kasus Ahok juga tetap berada di koridornya. Yakni menghindari segala sesuatu yang akan mempengaruhi vonis kasus dugaan penodaan agama.

"Hakim akan menjauhi hal-hal yang memberi intervensi dan mempengaruhi independensi," pungkasnya.

‎Sebelumnya GNPF melakukan melakukan pertemuan oleh Sekretaris MA Achmad Setyo Pudjoharsoyo. Dalam pertemuan itu MA berjanji akan bebas dari intervensi termasuk orang yang memiliki kuasa besar. (plt)

tag: #aksi-simpatik-55  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Mendadak, Caleg PKB Cabut Gugatan di MK

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 30 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Arief Hidayat kaget dengan keputusan Caleg PKB yang mencabut permohonan perkara Pileg 2024 DPRD Aceh. Permohonan Caleg PKB ini berkaitan ...
Berita

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam mendukung tujuan pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals melalui perwujudan 2 program Tanggung ...