Berita
Oleh pamudji pada hari Jumat, 10 Mei 2019 - 11:51:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Fahira: Tidak Ada Pilihan, Negara Harus Bentuk Tim Pencari Fakta

tscom_news_photo_1557463874.png
Wakil Ketua Komite I DPD RI Fahira Idris (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komite I DPD RI Fahira Idris menyatakan, negara tidak memiliki pilihan selain membentuk Tim Pencari Fakta kematian 554 petugas pemilu.

Menurut Fahira, tim akan
mengungkapkan penyebab banyaknya petugas pemilu yang meninggal. Selain itu, pembentukan tim juga mencegah agar isu ini tidak menjadi ‘bola liar’.

Pengusutan, lanjut Fahira, harus dilandasi rasa kemanusian dan hasilnya menjadi referensi para pembuat kebijakan.

“Peristiwa ini musibah besar bagi bangsa ini, jadi jangan diseret ke ranah politik. Mari kita bicarakan peristiwa ini dalam bingkai kemanusiaan dan sebagai itikad baik agar peristiwa serupa tidak terulang lagi pada pemilu selanjutnya," ujar Fahira dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Menurut Fahira, jika peristiwa meninggalnya lebih dari 500 petugas pemilu diendapkan akan melahirkan banyak dampak buruk bagi bangsa ini. Selain akan terus menjadi isu liar, bahkan penyelenggaraan pemilu ke depan dipastikan akan terus dibayangi peristiwa memilukan ini.

“Jangan sampai Pemilu 2024, orang pada enggan menjadi KPPS atau petugas pemilu karena takut. Kalau ini terjadi, bisa kacau masa depan demokrasi kita," jelas Fahira.

Fahira berpandangan, pengungkapan musibah ini jangan dipandang secara politis, apalagi dianggap sebagai upaya mendelegitimasi hasil pemilu.

"Pengungkapan meninggalnya petugas pemilu adalah untuk kepentingan bangsa ini yang lebih besar lagi yaitu menyelamatkan demokrasi kita lewat gelaran pemilu yang lebih baik dan bermartabat,” pungkas Senator asal Jakarta ini.(plt)

tag: #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...