Bisnis
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 13 Mei 2019 - 12:15:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Ramadhan Ini, Komisi IV Minta Pemerintah Stabilkan Harga Sembako

tscom_news_photo_1557724539.jpg
Toko sembako (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi IV DPR RI Rahmad Handoyo mendorong pemerintah untuk melakukan langkah-langkah yang dianggap perlu untuk menstabilkan harga sembako saat Ramadan.

Menurutnya, hal ini merupakan masalah tahunan yang wajar karena memasuki puasa hingga menjelang lebaran kebutuhan dan konsumsi masyarakat terhadap pangan meningkat.

"Kenaikan harga seharusnya sudah bisa diantisipasi oleh pemerintah dan petani, jika menjelang bulan Ramadan maka kebutuhan-kebutuhan pangan sudah disiapkan oleh mereka. Sehingga pada saat seperti sekarang ini tidak mengganggu psikologis pasar kita," kata Rahmad di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Ia menilai, pembentukan Satgas Pangan dinilai perlu untuk dibentuk guna memastikan tidak adanya pelaku usaha yang memanfaatkan kesempatan dengan menimbun stok berlebihan.

"Kartel itu dilarang. Maka perlu ada penegakan hukum, tanpa itu tidak akan efek jera bagi pelaku. Maka berhati-hatilah bagi pelaku usaha pangan kita, jangan sekali-kali melakukan penimbunan di saat-saat seperti ini karena itu pidana," ujarnya.

Diketahui, harga sejumlah bahan bahan pangan meningkat pada hari pertama dan kedua Ramadan. Tercatat dalam Data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga bawang putih melonjak dari Rp49.750/kg menjadi Rp61.550/kg saat memasuki bulan puasa.

Harga tertinggi terjadi di Pasar Pramuka yang mencapai Rp90.000/kg. Sementara harga cabai rawit hijau melonjak dari Rp37.300/kg ke Rp41.700/kg dengan harga tertinggi di Gorontalo yang mencapai Rp115.000/kg. (ahm)

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement