Bisnis
Oleh fitriani pada hari Kamis, 16 Mei 2019 - 21:55:21 WIB
Bagikan Berita ini :

INDEF Sebut Tahun Politik Mampu Menggerakkan Ekonomi

tscom_news_photo_1558018521.jpg
Forum diskusi yang digelar oleh Indosterling, di DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019). (Sumber foto : Fitri_TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati menegaskan, bahwa tahun politik tidak berhubungan langsung dengan investasi. Sebaliknya, tahun politik mampu menggerakkan ekonomi.

Doktor Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian dengan Konsentrasi Ekonomi Pembangunan di Institut Pertanian Bogor ini mengatakan, hal itu terlihat dari besarnya pengeluaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang digelontorkan pemerintah untuk penyelenggaraan pemilu.

"Sebenarnya kalau kita kaitkan dengan tahun politik, dari APBN yang digelontorkan oleh pemerintah saja lebih dari Rp 30 triliun. Belum dari partai-partai yang tersalurkan ke masyarakat, nah itu bisa dijadikan pemompa darah untuk menggerakkan ekonomi. Justru ini yang bisa meningkatkan produktivitas," ujar Enny, saat mengisi forum diskusi yang digelar oleh Indosterling, di DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

Enny menegaskan, untuk jangka pendek memang tahun memberikan pengaruh terhadap ekonomi. "Tapi untuk jangka panjang faktor politik tidak mempengaruhi pertumbuhan Investasi," tegasnya.

Perempuan yang juga berprofesi sebagai penulis ini mengimbau, agar pemerintah tidak selalu mengambing hitamkan situasi global sebagai pemicu gejolak ekonomi nasional. Sebaliknya, pemerintah bisa mengambil keuntungan dari dampak gejolak perekonomian global, yang dipicu oleh perang dagang antara Amerika dan China.

Salah satu keuntungan adalah pola perpindahan investasi ke negara-negara emerging market.

"Situasi dunia memang mengalami perlambatan. Tapi ada dampak dari perlambatan ekonomi di beberapa negara maju, yang justru sebenarnya membawa berkah," pungkasnya. (plt)

tag: #ekonomi-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement