Berita
Oleh pamudji pada hari Jumat, 31 Mei 2019 - 06:01:00 WIB
Bagikan Berita ini :

HMI Berpotensi Besar Sejukkan Politik Nasional

tscom_news_photo_1559255541.jpg
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) (Sumber foto : Pandji_TeropongSenayan)

YOGYAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) memiliki potensi besar untuk menyejukkan suasana politik nasional. Tanpa kesejukan, konstelasi politik pascapemilu akan terus panas dan bisa memecah belah bangsa.

Benang merah tersebut mengemuka dalam acara Talk Show Kebangsaan yang digelar HMI, di Wisma PU, Jl.Laksda Adisucipto No. 165 Yogyakarta, Kamis (30/5/2019).
Acara yang diikuti seratusan lebih perwakilan kader dan pengurus HMI dan alumni HMI se-Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah (DIY-Jateng) ini berbuka puasa bersama.

Talk show yang mengusung tema "Refleksi dan Rekonsiliasi Kebangsaan Pasca Pemilu, Menguatkan Ukhuwah Keluarga Besar HMI" ini menghadirkan sejumlah tokoh Alumni HMI sebagai pembicara. Yaitu Dr. Hj. Siti Ruhaini Dzuhayatin (Stafsus Presiden RI Bidang Keagamaan Internasional, Tokoh Suluh Kebangsaan),
Dr. Zamzam Afandi, M.Si (Akademisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Bagus Sarwono (Ketua Bawaslu DIY) dan Sahal Munir (Ketua Umum Badko HMI Jateng-DIY).

Moderator sekaligus salah satu penggagas acara, Ja"faruddin. AS mengatakan, suhu politik nasional pascapemilu 2019, relatif masih memanas. Menurutnya, jika tidak ada gerakan bersama yang menyejukkan suasana, maka dikhawatirkan akan terjadi perpecahan bangsa.

"Dalam Pemilu 2019, tokoh-tokoh alumni HMI banyak yang memiliki peranan penting. Ada yang di lembaga penyelenggara Pemilu, baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Selain itu hampir semua Partai Politik ada alumni HMI, demikian juga di kedua kubu capres baik 01 maupun 02. Jadi keluarga besar HMI ini punya potensi besar untuk menyejukkan suasana, memulai rekonsiliasi politik nasional," ujarnya.

Menurutnya Kader dan alumni HMI memahami bahwa persoalan bangsa tidak hanya Politik, melainkan ada tantangan ke depan yang lebih berat diantaranya menghadapi era disrupsi atau revolusi industri 4.0,

“Perubahan yang begitu cepat dan radikal sedang kita hadapi, bahkan kadang tidak kita sadari. Jika masih berkutat persoalan politik yang berpotensi memecah belah bangsa, niscaya kita akan tertinggal dengan bangsa lain," imbuh Jafar yang juga penggiat KAHMI Forever Jalan Sehat.

Sementara itu, Dr.Hj Siti Ruhaini Dzuhayatin menuturkan Pemilu adalah kontestasi politik adalah salah satu agenda rutin dalam negara demokrasi dan memiliki rentang waktu tertentu, misalnya, di Indonesia terjadi setiap lima tahunan. Oleh sebab itu. kata dia, perlu disikapi secara proporsional,

Menurut Ruhaini, pemilu merupakan kontestasi yang sekaligus sebagai legitimasi kewenangan pengelolaan pemerintahan yang didikasikan untuk tiga hal. Pertama, mengokohkan jati diri dan eksistensi kebangsaan sebagai komitmen konstitusional, termasuk perlindungan semua agama, budaya, etnis dan aspek sosial lainnya. Kedua, memastikan keamanan bagi seluruh wilayah negara. Ketiga, Memastikan distribusi kesejahteraan yang merata dan adil bagi seluruh komponen bangsa— dalam negara yang menjemuk-maka tantanagnnya adalah bagaimana pemerintahan dapat menjamin keterjangkauan manfaat tersebut dalam perbedaan dan kemajumukan.

Ia menandaskan, basis negara bangsa adalah kewargaan atas hak dan kewajibannya bukan kolekrifitas seperti pada masa ethno-religious centrisme. Oleh sebab itu setiap entitas, agama, suku dan budaya harus melakukan transformasi nilai ekskusifitas ethno religous menjadi nilai inklusifitas yang berkontribusi pada terwujudnya nilai-nilai publik yang setara dan adil bagi setiap warga negara,

“HMI digagas sebagai Islam Indonesia dengan corak kebangsaan yang kokoh non partisan dan non premordialis, adalah ideal untuk menjadi transformer bagi wasatiyyat Islam dan seharusnya terdepan menyerukan ‘konsolidasi’ disaat ada kecenderungan bangsa ini mengalami polarisasi,” tandasnya.

“Jangan sampai polarisasi pragmatis ini semakin mengakar menjadi polarisasi ideologis kebangsaan dan keagamaan. Konsolidasi ini harus di mulai dari HMI,” pungkasnya.

tag: #hmi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement