Berita

Dalami SKL BLBI, KPK Minta Keterangan Rizal Ramli

Oleh ferdiansyah pada hari Jumat, 19 Jul 2019 - 10:20:35 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1563506435.jpeg

mMntan Menteri Keuangan (Menkeu), Rizal Ramli (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta keterangan ekonom senior Dr. Rizal Ramli dalam kapasitasnya sebagai mantan Menteri Keuangan (Menkeu) era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur

"Diagendakan pemeriksaan Bapak Rizal Ramli sebagai saksi dalam perkara ini," kata Jurubicara KPK, Febri Diansyah kepada dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Febri mengatakan, Rizal akan dimintai keterangan dalam penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuditas Bank Indonesia (BLBI). Kala itu dia menjadi Ketua Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK) periode 2000-2001.

KPK sebelumnya juga telah memeriksa ekonom senior Kwik Kian Gie yang juga pernah menjabat sebagai Ketua KKSK dan Glen Muhammad Surta Yusuf selaku mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

"Sebelumnya juga ada Pak Kwik Kian Gie, Pak Glen juga diperiksa, mantan Ketua BPPN dan mantan Ketua KKSK yang kami panggil. Kami tentu merunut secara lebih detail apa saja proses, bagaimana proses sampai Surat Keterangan Lunas (SKL) BLBI itu terbit," kata Febri.

Rizal Ramli dan Kwik Kian Gie beberapa tahun sebelumnya pun pernah memenuhi panggilan KPK untuk bersaksi terkait kasus BLBI.

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan pengendali BDNI, Sjamsul Nursalim dan istrinya Itjih Nursalim sebagai tersangka. Sjamsul dan Itjih diduga melakukan misrepresentasi terkait dengan piutang petani petambak sebesar Rp 4,8 triliun.(plt)

tag: #rizal-ramli  #kasus-blbi  

Bagikan Berita ini :