Bisnis
Oleh ferdiansyah pada hari Jumat, 26 Jul 2019 - 16:10:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Airlangga Pastikan Garam Impor Tak Bocor ke Pasar

tscom_news_photo_1564132233.jpg
Ilustrasi garam impor (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memastikan tidak ada garam impor yang bocor ke pasar lokal. Garam impor merupakan garam industri, yang peruntukannya untuk
bahan baku produk industri.

Beberapa produk tersebut diantaranya alkali, PVC, hingga infus. Airlangga menyatakan, harga garam industri jauh lebih mahal dibandingkan garam lokal. Sehingga, menurutnya, tak ada kemungkinan bagi importir atau perusahaan yang menggunakan garam untuk kebutuhan industri ke pasar.

“Bagi mereka tidak ada insentifnya untuk jual ke pasar karena mahal. Jadi nggak ada garam yang rembes ke pasar," kata Airlangga dalam keterangan pers, Jumat (26/7/2019).

Pihaknya memastikan, garam konsumsi masih akan dipenuhi oleh industri garam nasional. Meski hingga saat ini garam yang mendekati kualitas tinggi diklaim sudah mulai banyak terserap oleh industri. Airlangga menegaskan, pihaknya saat ini mendorong peningkatan kualitas garam lokal dan penyerapan pasokan yang tersedia terlebih dahulu.

Pemerintah masih berupaya mendorong perbaikan kualitas garam produksi dalam negeri agar dapat meningkatkan nilai tambah guna menjaga fluktuasi harga di tingkat petani. Oleh karena itu, salah satu upaya yang akan dilakukan adalah mengklasifikasikan garam sebagai komoditas penting.

“Kalau kita masukkan garam ke barang penting, kita bisa tentukan harga eceran terendah,” kata dia. (plt)

tag: #garam  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement