Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 04 Agu 2019 - 08:51:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Dampaknya Jika PAN Putuskan Oposisi

tscom_news_photo_1564883482.jpg
Partai Amanat Nasional (PAN) (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pengamat Politik dari Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi menyatakan, mesin politik PAN akan terpengaruh bila memutuskan menjadi oposisi.
"Akan sulit bagi PAN kalau kemudian berada di luar kekuasan, karena ini menyangkut sumber daya-sumber daya strategis yang diperlukan untuk menggerakkan mesin politik partai," jelas Ade di Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (3/8/2019).

Menurut dia, berada di luar pemerintahan, maka akan membatasi kesempatan bagi internal PAN untuk mendistribusikan potensi-potensi kadernya.

Sebelumnya, Senior Instruktur DPP PAN Icu Zukafril pada Jumat (2/8) mengatakan bahwa di tingkat elite PAN masih ragu-ragu dalam menentukan sikap politik untuk menjadi oposisi karena masih berupaya masuk dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Ma"ruf.

Dalam pandangan Ade, sikap ragu-ragu PAN untuk menempatkan posisinya adalah sebuah kewajaran. Sebab, pada saat pemilihan presiden, PAN berada di luar yang memenangkan pilpres.Dengan demikian, komunikasinya tidak selancar partai-partai lain yang sejak awal di dalam pendukung Presiden Joko Widodo.

"Kalau dikatakan "dua kaki" saya kira harus dilihat "case by case". Kalau dalam pilpres kan jelas posisi PAN dimana. Tapi pasca itu kan semua partai punya kemerdekaan untuk mengambil dan menentukan langkah-langkah politiknya," ujarnya.(plt)

tag: #partai-amanat-nasional  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...