Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Rabu, 21 Agu 2019 - 21:12:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggota DPR: Jangan Remehkan Rusuh Papua

tscom_news_photo_1566396722.jpg
Aksi massa yang diwarnai pembakaran di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8/2019) (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi I DPR RI Jerry Sambuaga mengatakan rentetan kerusuhan di Papua dan Papua Barat harus dipandang sebagai hal serius. Dia meminta agar pemerintah melihat masalah ini secara menyeluruh.

"Kami sudah berkoordinasi dengan para penegak hukum dan juga kepada pemda untuk jangan hanya melihat ini sebagai kasus yang simpel saja, tetapi harus kita lihat secara komprehensif," ujar Jerry usai diskusi di Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019).

Sebab, lanjutnya, kerusuhan bukan hanya melibatkan masyarakat yang tinggal di Papua dan Papua Barat. Warga dari kedua provinsi yang tinggal di daerah lain pun tentu akan terdampak.

"Karena akan ada potensi bersinggungan dengan potensi SARA. Harus disikapi dengan bijaksana dan cooling down sehingga jangan sampai mengarah ke isu yang lebih sensitif," tegasnya.

Jerry menambahkan, dia juga sepakat terhadap usulan investigasi soal dugaan persekusi mahasiswa Papua di Surabaya. Sebab, kejadian inilah yang membuat kerusuhan di Papua dan Papua Barat terjadi secara beriringan.

"Ketika disebut ada hal-hal yang bersifat menganiaya, mendatangi paksa, dan dibilang melanggar, ya harus ditindaklanjuti secara hukum. Saya pikir itu bagus perlu dilakukan di tempat kejadian oleh aparat penegak hukum," katanya.

Jerry pun mengungkapkan bahwa anggota Komisi I DPR RI sudah berencana berangkat ke Papua untuk berkoordinasi dengan pemangku kepentingan serta tokoh setempat. Akan tetapi, dia belum mengetahui siapa yang akan berangkat.

"Yang pasti akan berangkat kalau tidak malam ini, ya besok untuk melihat langsung bagaimana situasinya di sana, " ujarnya. (plt)

tag: #papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement