Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 27 Agu 2019 - 12:38:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Diminta Pilih Menteri LHK dari Kalangan Profesional

tscom_news_photo_1566884286.jpg
Jokowi dan Ma'ruf Amin (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan mengumumkan nama-nama pembantunya di Kabinet Kerja Jilid II pada Oktober 2019 Mendatang. Komposisi kabinet pun telah ditetapkan. Kalangan profesional mendapat porsi lebih dibanding kader parpol.

Lalu siapakah yang akan duduk di kursi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutnanan (LHK)? Apakah kursi akan diduduki oleh kalangan kader parpol atau profesional?

Menanggapi itu, Juru bicara (Jubir) Komunitas Rimbawan Nusantara (KRN) Bambang Soepijanto berpendapat, sebaiknya Presiden Jokowi dapat memilih nama calon Menteri KLHK untuk periode 2019-2024, dari kalangan profesional timbawan.

“Kalau figur tentu banyak, tapi kriteria yang wajib adalah Profesional Rimbawan yang berani dan siap menerima segala risikonya,” ujar Bambang kepada wartawan, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Bambang yang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Panel Kayu Indonesia itu juga menjelakan apa yang dimaksud dengan profesional rimbawan.

Menurutnya, rimbawan bisa siapa saja. Karena yang terpenting dia adalah sosok yang bergerak dan memiliki rekam jejak kuat di sektor kehutanan.

Tentunya, lanjut Bambang, profil profesional rimbawan itu harus mempunyai kapabilitas, baik kompetensi kualifikasi dan rekam jejak yang mampu menyeimbangkan aspek ekologi, ekonomi dan sosial.

“Jadi kalau dia lulusan fakultas kehutanan tapi kerja di bank ya tidak bisa dikatakan rimbawan. Dan kita ingin kementerian LHK dipimpin oleh profesional rimbawan yang suah teruji,” papar mantan Dirjen Planologi Kementerian LHK itu.

Bambang juga berharap, siapa pun yang dipilih oleh Jokowi untuk menjadi menteri LHK, maka figur itu dipastikan memiliki jiwa petarung, berfikirout of the box,dan dia punya visi yang luar biasa untuk memajukan, membangkitkan kembali kehutanan dan industrinya.

“Saya pikir itu menjadi syarat bagi pemimpin yang akan mengendalikan kementerian kehutanan 5 tahun mendatang. Jadi bukan profeisonal umum, tapi profesional rimbawan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Bambang juga menuturkan, di KRN yang terdiri dari 21 organisasi kehutanan juga telah menetapkan visi misi kehutanan untuk lima tahun mendatang. Tujuannya, jelas untuk mengelola hutan dengan baik dan benar, termasuk bisa memanfaatkan potensi kekayaan alam dan sistem penyangga hutan.

“Ingat Indonesia memiliki potensi yang luar biasa di sektor kehutanan, karena 64 persen tapak bumi nusantara adalah area hutan,” pungkasnya. (Alf)

tag: #jokowimaruf-amin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement