Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 28 Agu 2019 - 19:21:05 WIB
Bagikan Berita ini :
Bursa Ketum PAN

Usung Calon dari Luar, Kaderisasi PAN Dinilai Gagal

tscom_news_photo_1566995013.jpeg
PAN (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Nama calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) mulai bermunculan. Setidaknya ada calon yang disebut-sebut dari luar kader yang sebagai kandidat kuat menduduki kursi partai berlambang matahari terbit itu.

Ketiga nama itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno, dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Komunikasi Politik, Emrus Sihombing menyatakan, seharusnya yang maju dari dalam partai atau kader partai sendri. Jika tak ada kader internal yang menjadi ketum maka PAN bisa dikatakan gagal dalam kaderisasi.

"Kalau dari luar, menunjukkan partai tidak persiapkan kader untuk menjadi pemimpin di partai dan eksekutif. Kalau ditawarkan dari luar kaderisasi tidak jalan," ujar Emrus dalam pesan singkatnya, Rabu (28/8/2019).

Menurut Emrus, yang menjadi perhatian sekarang ada dua hal yang perlu disandang calon yang akan maju, yaitu, dia adalah seorang kader dan juga tokoh dari organisasi yang selama ini menjadi basis massa partai. Dalam hal ini Muhammadiyah merupakan basis massa dari PAN.

"Pandangan sayaharus perhatikan 2 hal. Merupakan dari basis organisasi pendukung suara, itu harus diperhitungkan, jugaharus kader," ikata dia.

Sebelumnya,Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional,Eddy Soeparno, menyatakan, partainya akan menggelar kongres untuk ketua umum PAN yang baru, pada tahun 2020.

Eddy menuturkan, PAN terbuka kepada seluruh kader yang memiliki kapasitas dan kompetensi serta mampu bersaing dalam kongres.

Dia meyakini sistem PAN yang terbuka dan transparan akan menciptakan persaingan yang adil bagi setiap kader yang hendak menjadi ketum. (ahm)

tag: #partai-amanat-nasional  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement