Bisnis
Oleh pamudji pada hari Kamis, 29 Agu 2019 - 07:48:42 WIB
Bagikan Berita ini :

MRT dan LRT Jadi Transportasi Massal Ibu Kota Baru

tscom_news_photo_1567039722.jpg
Ilustrasi Transportasi MRT (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, pemerintah akan menyiapkan sejumlah infrastruktur angkutan massal di ibu kota baru di Kalimantan Timur.

"Di ibu kota baru nanti, kami akan siapkan konektivitas transportasi yang terintegrasi antar modanya melalui angkutan massal dan berkonsep ramah lingkungan atau minim emisi," ujar dia dalam pernyataan tertulis, Kamis (29/8/2019).

Dia menambahkan, Kemenhub berkomitmen untuk mengutamakan pembangunan infrastruktur transportasi publik. Tujuannya agar di ibu kota baru nanti angkutan massal menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk bertransportasi.

"Jadi memang kita konsisten untuk transportasi (berbasis) kendaraan massal untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi. Kalau pun ada kendaraan pribadi, saya inginkan kendaraan bertenaga listrik yang beroperasi," ungkap dia.

Adapun transportasi publik yang akan dibangun dan dikembangkan di ibu kota baru antara lain seperti Moda Raya Terpadu (MRT), Light Rail Transit (LRT), dan Bus Rapid Transit (BRT).

Sementara terkait infrastruktur transportasi udara dan laut, Menhub menjelaskan, pengembangan bandara dan pelabuhan pun akan dilakukan untuk mendukung konektivitas transportasi dari dan menuju Kalimantan.

"Jadi pembangunan ini merupakan rencana jangka panjang. Kita akan bangun secara bertahap," ujar Budi.(plt)

tag: #pemindahan-ibu-kota  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement