Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 02 Sep 2019 - 22:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Dukungan DPD Golkar Jabar Disumpah Pake Al-Quran, Kubu Bamsoet: Airlangga Panik!

tscom_news_photo_1567436577.jpg
Video pengambilan sumpah dukungan Pengurus DPD Golkar Jabar kepada Airlangga. Pengambilan sumpah dilakukan pada Sabtu, 31 Agutus 2019 lalu. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua Korbid Kepartaian DPP Partai Golkar Darul Siskamenanggapi aksi tak lazim yang dilakukan calon petahana Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan sekutunya terkait sumpah dukungan pada MunasGolkar mendatang.

Darul melihat cara sumpah dibawah Al-Quran untuk mendukung Airlangga adalah sesuatu kepanikan. Pasalnya, pemilik suara Partai Golkar tidak lagi takut dipecat dan tidak bisa diiming-imingi dengan uang dan jabatan.

"Yang biasa adalah seseorang bersumpah dalam suatu jabatan tertentu untuk mengabdi kepada kepentingan orang banyak, bukannya orang banyak yang bersumpah untuk kepentingan seseorang," kata Darul Siska saat dihubungi, Senin (2/9/2019).

Karenanya, Darul menilai langkah Airlangga tersebut aneh. Sebab, menurutnya, bersumpah dengan nama Allah dibawah kitab Suci Al-Quran di dalam Masjid untuk mencalonkan, mendukung dan memilih seseorang dalam kontestasi pemilihan Ketua Partai adalah sesuatu yang berlebihan.

Ia juga mengatakan, perlu dianalisa secara agama dan secara akal sehat apakah cara tersebut tidak bertentangan dengan ajaran agama, apalagi disertai kalimat bersedia dilaknat bila tidak menjalankan sumpah yang dimaksud.

"Kegiatan suatu organisasi tentu berlandaskan tata aturan yang dibuat atas dasar kesepakatan bersama.
Kalau seorang Ketua organisasi tidak lagi tunduk dan menjalankan aturan organisasi yang dibuat bersama, apakah layak untuk diikuti dan dipilih lagi?," kata pria yang dikenal dekat dengan Bambang Soesatyo (Bamsoet) itu.

Dalam ajaran agama Islam, lanjut Darul, manusia hanya diajarkan untuk tunduk, taat, dan patuh hanya kepada Allah, Rasul dan orang tua.

"Kepatuhan kepada orang tua pun hanya selama orang tua tersebut mengajak kepada kebenaran yang bersumber dari Al Quran dan hadist. Sedangkan bila orang tua menyimpang dari Ajaran Agama maka seorang anak tetap hormat kepada orangtua, tetapi tidak perlu taat dan patuh lagi," katanya.

Diketahui, sebelumnya dalamsebuah video yang sedang viral, Ketua DPD Partai Golkar se-Jawa Barat diambil sumpah mendukung dan memilih Airlangga Hartarto sebagai ketua umum Partai Golkar pada Munas Desembernanti.

Mereka disumpah dengan menggunakan Al-Quran. Pengucapan sumpah dipandu Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedy Mulyadi.

Video pengambilan sumpah direkam salah seorang yang hadir. Pengambilan sumpah dilakukan pada Sabtu, 31 Agutus 2019. Dalam video berdurasi 1 menit 25 detik itu, pengambilan sumpah dilakukan dalam suatu rungan. Tampak seorang tokoh agama Islam mengangkat tinggi Al Quran pada posisi di atas kepala para pengucap sumpah.

"Saya bersedia mendapat konsekuensi apabila saya mengingkari, dan mengkhianati sumpah ini.
Saya bersedia menerima laknat atas pengkhianatan saya," begitu antara lain bunyi sumpah yang diucapkan para ketua DPD Golkar mengulangi apa yang dieja Dedy Mulyadi.

Dalam video tersebut tampak Airlangga menyaksikan pengucapan sumpah tersebut. Beberapa elite DPP Partai Golkar kubu Airlangga juga terlihat hadir, diantaranya Melchias Markus Mekeng, Ketua Korbid Wilayah Timur.

Berikut bunyi sumpah yang dieja Dedy Mulyadi dan diucapkan ulang para pengurus DPD Golkar tersebut.

Bismillah
Demi Allah
Saya bersumpah
Saya akan mencalonkan
Mendukung
dan memilih
Bapak Insinyur Airlangga Hartanto Mda, Mdd
Sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar 2019-2024
Saya bersedia mendapat konsekuensi apabila saya mengingkari, dan mengkhianati sumpah ini.
Saya bersedia menerima laknat atas pengkhianatan saya.
Purwakarta, 31 Agustus 2019
Kami, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat.

Setelah pengucapan sumpah, para ketua DPD Golkar itu digiring Dedy Mulyadi ke sebuah meja untuk menandatangani pernyataan dukungan kepada Airlangga. (Alf)

tag: #partai-golkar  #airlanggahartarto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kenakan Kemeja Putih Prabowo-Gibran Tiba di KPU

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024). Pasangan pemenang Pilpres 2024 itu, sampai di Gedung ...
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...