Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 01 Okt 2019 - 17:48:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Pelantikan Ditengah Gelombang Unjuk Rasa, Doli: Ini Oleh-oleh Pertama Anggota DPR Terpilih

86rps20191001_172425.jpg
Rapat paripurna pelantikan anggota DPR RI periode 2019-2024 di ruang sidang Paripurna 1, Kompleks Parlemen, Sebayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Hari ini, Selasa (1/10/2019), sebanyak 575 anggotaDPRdan 136 anggota DPD resmi dilantik di gedung parlemen, Senayan.

Dari 575 tersebut salah satunya adalah Ahmad Doli Kurnia Tandjung. Dia terpilih sebagai Anggota DPR periode 2019-2024 dari daerah pemilihan (dapil) Sumatera Utara (Sumut) III dari Partai Golkar.

Berlatar belakang aktivis, Doli pun merasa terharu atas pelantikan dirinya hari ini. Pasalnya, ditengah gelombang demonstrasi mahasiswa terhadap DPR yang beberapa hari ini menjadi moment yang sepesial.

"Pelantikan kami hari ini, yang diiringi dengan aksi demonstrasi adik-adik mahasiswa beberapa hari belakangan ini, buat saya menjadi hal yang spesial. Selain uniq, sebagai yang pernah menjadi aktivis mahasiswa, tentu ini mendorong tanggung jawab saya sebagai wakil rakyat menjadi lebih besar," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Doli menyampaikan apa yang dilakukan oleh para mahasiswa ini harus dihargai dan menjadi “oleh-oleh pertama” buat para Anggota DPR terpilih.

"Selalu mengingatkan kami akan tugas dan tanggung jawab yang begitu besar, yang harus ditunaikan selama lima tahun ke depan. Aspirasi yang disampaikan oleh adik-adik mahasiswa itu menjadi penting catatan penting buat kami," kata ia.

Setelah pelantikan, kata Doli, yang paling pertama harus dilakukan adalah bagaimana semua Anggota DPR terpilih berupaya untuk memulihkan citra dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kembali bahwa lembaga DPR adalah lembaga negara yang bisa diyakini dapat mengagregasi aspirasi dan kepentingan rakyat serta mampu ikut menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di masyarakat.

Itu, lanjut ia, hanya dapat dilakukan dengan terus menerus berupaya memperkuat komitmen, menjaga integritas, dan meningkatkan terus kinerja sebagai wakil rakyat.
Dan semuanya diorientasikan untuk memajukan pembangunan Indonesia.

"Fokus utama saya adalah mendorong penyempurnaan sistem demokrasi kita ke arah yang lebih substansial. Koreksi terhadap beberapa kelemahan dalam UU Politik, seperti salah satunya sistem Pemilu kita harus segera dilakukan," ucapnya.

"Penyusunan undang-undang dan pengawasan pelaksanaan program-program pembangunan yang dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat juga penting untuk terus dimaksimalkan," tambahnya.

Yang juga tak kalah straegisnya adalah, kata ia, semua harus menjaga agar DPR dan seluruh institusi serta elemen bangsa bertekad untuk menjadi bagian menuju Indonesia bersih dan bebas korupsi.

Tak ketinggalan Doli juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara Pemilu 2019 yang telah bekerja dengan baik. Berkat kerja keras kalian semualah, salah satunya sehingga kami bisa dilantik hari ini.

"Khusus kepada para petugas penyelenggara Pemilu kemarin yang gugur dalam menjalankan tugasnya kita patut memberikan apresiasi yang tinggi. Pantaslah mereka kita sebut sebagai pahlawan demokrasi," ucapnya. (Alf)

tag: #aksi-mahasiswa  #dpd  #dpr  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...