Oleh Ahmad Syaikh pada hari Kamis, 28 Nov 2019 - 12:40:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketersediaan Blangko e-KTP Belum Terpenuhi, Kamrussamad Kritik Kemendagri

tscom_news_photo_1574919631.jpg
KTP elektronik (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Kamrussamad mengkritik kinerja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) lantaran belum terpenuhinya blangko KTP Elektronik.

"Persoalan blangko KTP Elektronik (e-KTP) tidak kunjung selesai, setiap kabupaten dan kota di seluruh Indonesia mengalami kesulitan blangko," kata dia di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Padahal, mayoritas masyarakat sudah melakukan perekaman data KTP El namun tidak kunjung menerima e-KTP karena belum terpenuhinya blangko.

“Ini menunjukkan masih amburadulnya perencanaan dan lemahnya evaluasi dalam sistem pembuatan e-KTP,” ujarnya.

Untuk itu, menurut dia, DPR melalui Komisi II DPR telah meminta Mendagri untuk mencetak tambahan blangko e-KTP akhir tahun ini.

"Anggarannya lakukan pergeseran dari unit kerja lain ke Dukcapil untuk produksi blangko KTP El tersebut. Itu solusi jangka pendek," jelasnya.

Menurut Kamrussamad, untuk solusi jangka panjang sedang dikaji kemungkinan pengadaan blangko e-KTP diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dukcapil) kabupaten/kota dengan nomor induk tunggal tetap berasal dari Kementerian Dalam Negeri.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah mengajukan pergeseran anggaran Kementerian Dalam Negeri sebesar Rp15,9 miliar dalam tahun anggaran 2019 untuk pemenuhan blanko e-KTP.

Menurut Tito, sampai akhir tahun 2019, blangko KTP El yang masih diperlukan sebanyak 11 juta keping dengan rincian 8 juta untuk reguler dan 3 juta untuk pemekaran wilayah.

“Dari kebutuhan 11 juta keping tersebut, sebanyak 3,5 juta keping sudah terpenuhi sehingga masih kurang 7,4 juta,” kata dia beberapa waktu lalu. (ahm)

tag: #ektp  #kementerian-dalam-negeri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Lainnya
Berita

Ini Jajaran Pemenang Teropong CSR Award 2020, Siapa Peraih Kategori Terbanyak?

Oleh Alfin Pulungan
pada hari Rabu, 15 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Media teropongsenayan.com menyelenggarakan acara pemberian penghargaan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang berkontribusi dalam pelaksanaan Corporate Social ...
Berita

Pasangan Muda Erwin-Apri Didukung Tiga Partai, Pilkada Samarinda Diprediksi Sengit

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pasangan muda bakal calon wali kota dan wakil wali kota Samarinda, Erwin Izharuddin dan Apri Gunawan, dikabarkan telah mengantongi dukungan tiga partai untuk mengarungi ...